Abstract:
HIDAYATUL FITRI, Pengaruh Metode Blended Learning Berbantuan
Aplikasi Chatbot Dara pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia
terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 34 Pontianak Kota Tahun
Ajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pontianak. 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan teknologi digital yang
telah menunjukan dampak yang positif pada presentasi akademik peserta
didik. dengan penggunaan teknologi dalam pendidikan yang semakin
berkembang dan dengan aplikasi chatbot adalah salah satu teknologi yang
dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
Pada observasi awal, diperoleh informasi bahwa kelas A dan B memiliki
kesulitan dalam belajar IPA dengan nilai rata-rata pada pembelajaran IPA
53,4 dan 40,47 yang masih tergolong rendah. Berkaitan dengan masalah ini,
peneliti bertujuan untuk memaparkan: 1) Hasil belajar pretest kelas kontrol,
2) Hasil belajar posttest kelas kontrol, 3) Hasil belajar pretest kelas
eksperimen, 4) Hasil belajar posttest kelas eksperimen, 5) Pengaruh
penerapan metode blended learning berbantuan aplikasi chatbot DARA
terhadap hasil belajar, 6) Seberapa besar pengaruh penerapan metode blended
learning berbantuan aplikasi chatbot DARA terhadap hasil belajar di SD
Negeri 34 Pontianak Kota Tahun Ajaran 2023/2024.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis
penelitian Quasi Experimental dengan pretest-postest control group design.
Jumlah seluruh populasi dan sempel dalam penelitian ini yaitu 128 peserta
didik yang terbagi menjadi 4 kelas yaitu 5A 5B 5C dan 5D. Sampel yang
digunakan kelas 5B dan Kelas 5C. Variabel pada penelitian ini terbagi
menjadi dua, yaitu variabel bebas adalah penggunaan metode blended
learning berbantuan chatbot DARA dan variabel terikat adalah hasil belajar.
Teknik pengumpulan data menggunakan Test dan nontest. Instrumen
pengumpulan data yang digunakan adalah lembar soal, lembar observasi, dan
pedoman dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis
deskriptif dan uji hipotesis.
Berdasarkan analisis data diperoleh: 1) Hasil belajar pretest kelas
kontrol sebesar 34. 2) Hasil belajar posttest kelas kontrol sebesar 59. 3) Hasil
belajar pretest kelas eksperimen sebesar 46,77. 4) Hasil belajar posttest kelas
eksperimen sebesar 80,96. 5) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap
penerapan metode blended learning berbantuan aplikasi chatbot DARA. 6)
Penerapan metode blended learning berbantuan aplikasi chatbot DARA
memiliki pengaruh uji affect size sebesar 9,1935, maka dapat disimpulkan
secara umum penggunaan metode blended learning berbantuan chatbot
DARA memiliki pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar peserta didik.