Pengaruh Metode Blended Learning Berbantuan Aplikasi Chatbot Dara pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 34 Pontianak Kota Tahun Ajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Mutmainnah, Fitri
dc.contributor.author FITRI, HIDAYATUL
dc.date.accessioned 2025-07-16T09:25:25Z
dc.date.available 2025-07-16T09:25:25Z
dc.date.issued 2024-05-16
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6853
dc.description.abstract HIDAYATUL FITRI, Pengaruh Metode Blended Learning Berbantuan Aplikasi Chatbot Dara pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 34 Pontianak Kota Tahun Ajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan teknologi digital yang telah menunjukan dampak yang positif pada presentasi akademik peserta didik. dengan penggunaan teknologi dalam pendidikan yang semakin berkembang dan dengan aplikasi chatbot adalah salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Pada observasi awal, diperoleh informasi bahwa kelas A dan B memiliki kesulitan dalam belajar IPA dengan nilai rata-rata pada pembelajaran IPA 53,4 dan 40,47 yang masih tergolong rendah. Berkaitan dengan masalah ini, peneliti bertujuan untuk memaparkan: 1) Hasil belajar pretest kelas kontrol, 2) Hasil belajar posttest kelas kontrol, 3) Hasil belajar pretest kelas eksperimen, 4) Hasil belajar posttest kelas eksperimen, 5) Pengaruh penerapan metode blended learning berbantuan aplikasi chatbot DARA terhadap hasil belajar, 6) Seberapa besar pengaruh penerapan metode blended learning berbantuan aplikasi chatbot DARA terhadap hasil belajar di SD Negeri 34 Pontianak Kota Tahun Ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian Quasi Experimental dengan pretest-postest control group design. Jumlah seluruh populasi dan sempel dalam penelitian ini yaitu 128 peserta didik yang terbagi menjadi 4 kelas yaitu 5A 5B 5C dan 5D. Sampel yang digunakan kelas 5B dan Kelas 5C. Variabel pada penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu variabel bebas adalah penggunaan metode blended learning berbantuan chatbot DARA dan variabel terikat adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan Test dan nontest. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar soal, lembar observasi, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data diperoleh: 1) Hasil belajar pretest kelas kontrol sebesar 34. 2) Hasil belajar posttest kelas kontrol sebesar 59. 3) Hasil belajar pretest kelas eksperimen sebesar 46,77. 4) Hasil belajar posttest kelas eksperimen sebesar 80,96. 5) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan metode blended learning berbantuan aplikasi chatbot DARA. 6) Penerapan metode blended learning berbantuan aplikasi chatbot DARA memiliki pengaruh uji affect size sebesar 9,1935, maka dapat disimpulkan secara umum penggunaan metode blended learning berbantuan chatbot DARA memiliki pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Chatbot DARA en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Metode Blended learning en_US
dc.title Pengaruh Metode Blended Learning Berbantuan Aplikasi Chatbot Dara pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 34 Pontianak Kota Tahun Ajaran 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account