Abstract:
Putri Wulandari (12110009) Korelasi antara Motivasi Belajar Ekstrinsik dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika di Kelas III SD Negeri 20 Pontianak Selatan Tahun Pelajaran 2024/2025: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Pontianak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan motivasi belajar ekstrinsik peserta didik pada pembelajaran Matematika di kelas III Sekolah Dasar Negeri 20 Pontianak Selatan. 2) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika di kelas III Sekolah Dasar Negeri 20 Pontianak Selatan. 3) Menjelaskan besaran korelasi antara motivasi belajar ekstrinsik dengan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika di kelas III Sekolah Dasar Negeri 20 Pontianak Selatan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi yang digunakan yaitu seluruh peserta didik kelas III SD Negeri 20 Pontianak Selatan. Teknik yang peneliti gunakan adalah teknik tes, teknik komunikasi secara langsung, dan teknik dokumentasi. Analisis data yaitu menggunakan analisis instrumen, analisis deskriptif, dan analisis inferensial.
Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) motivasi Belajar Ekstrinsik Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 20 Pontianak Selatan masuk pada kategori tinggi. 2) rata-rata hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika di kelas III Sekolah Dasar Negeri 20 Pontianak Selatan yaitu 75,5, hal ini menunjukkan adanya tingkat penguasan materi yang baik dari peserta didik. 3) Korelasi antara Motivasi Belajar Ekstrinsik dengan Hasil Belajar peserta didik pada pembelajaran matematika di Kelas III SD 20 Pontianak Selatan memiliki hubungan yang positif dan signifikan, dapat dilihat dari hasil uji korelasi product moment yaitu nilai (sig) 0,000< 0,05, maka dinyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. dan nilai r antara motivasi belajar dan hasil belajar sebesar 0,613, artinya terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar yang diperoleh peserta didik.