KORELASI ANTARA MOTIVASI BELAJAR EKSTRINSIK DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III SD NEGERI 20 PONTIANAK SELATAN TAHUN AJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Khairawati, Khairawati
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Azzahra, Nurma Annisa
dc.contributor.author Wulandari, Putri
dc.date.accessioned 2025-07-16T05:53:20Z
dc.date.available 2025-07-16T05:53:20Z
dc.date.issued 2025-06-19
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6841
dc.description.abstract Putri Wulandari (12110009) Korelasi antara Motivasi Belajar Ekstrinsik dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika di Kelas III SD Negeri 20 Pontianak Selatan Tahun Pelajaran 2024/2025: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan motivasi belajar ekstrinsik peserta didik pada pembelajaran Matematika di kelas III Sekolah Dasar Negeri 20 Pontianak Selatan. 2) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika di kelas III Sekolah Dasar Negeri 20 Pontianak Selatan. 3) Menjelaskan besaran korelasi antara motivasi belajar ekstrinsik dengan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika di kelas III Sekolah Dasar Negeri 20 Pontianak Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi yang digunakan yaitu seluruh peserta didik kelas III SD Negeri 20 Pontianak Selatan. Teknik yang peneliti gunakan adalah teknik tes, teknik komunikasi secara langsung, dan teknik dokumentasi. Analisis data yaitu menggunakan analisis instrumen, analisis deskriptif, dan analisis inferensial. Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) motivasi Belajar Ekstrinsik Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 20 Pontianak Selatan masuk pada kategori tinggi. 2) rata-rata hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika di kelas III Sekolah Dasar Negeri 20 Pontianak Selatan yaitu 75,5, hal ini menunjukkan adanya tingkat penguasan materi yang baik dari peserta didik. 3) Korelasi antara Motivasi Belajar Ekstrinsik dengan Hasil Belajar peserta didik pada pembelajaran matematika di Kelas III SD 20 Pontianak Selatan memiliki hubungan yang positif dan signifikan, dapat dilihat dari hasil uji korelasi product moment yaitu nilai (sig) 0,000< 0,05, maka dinyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. dan nilai r antara motivasi belajar dan hasil belajar sebesar 0,613, artinya terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar yang diperoleh peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Motivasi Belajar Ekstrinsik en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Matematika en_US
dc.title KORELASI ANTARA MOTIVASI BELAJAR EKSTRINSIK DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III SD NEGERI 20 PONTIANAK SELATAN TAHUN AJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account