Abstract:
PIKA YULIANTI, Pengaruh Metode Blended Learning berbantuan Aplikasi
Chatbot Nafa pada Materi Sistem Pernafasan Manusia terhadap Hasil Belajar
Peserta Didik Kelas V SDN 39 Pontianak Kota Tahun Ajaran 2023/2024.
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan teknologi digital yang
telah menunjukan dampak yang positif pada presentasi akademik peserta didik.
dengan penggunaan teknologi dalam pendidikan yang semakin berkembang dan
dengan aplikasi chatbot adalah salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan
untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Pada observasi awal,
diperoleh informasi bahwa kelas A dan B memiliki kesulitan dalam belajar IPA
dengan rata-rata pada pembelajaran IPA 63,2 dan 65 yang masih tergolong
rendah. Berkaitan dengan masalah ini, peneliti bertujuan untuk memaparkan: 1)
Hasil belajar pretest kelas kontrol, 2) Hasil belajar posttest kelas kontrol, 3)
Hasil belajar pretest kelas eksperimen, 4) Hasil belajar posttest kelas
eksperimen, 5) Pengaruh penerapan metode blended learning berbantuan
aplikasi chatbot NAFA terhadap hasil belajar, 6) Seberapa besar pengaruh
penerapan metode blended learning berbantuan aplikasi chatbot NAFA
terhadap hasil belajar di SD Negeri 39 Pontianak Kota Tahun Ajaran
2023/2024.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis
penelitian Quasi Experimental dengan pretest-postest control group design.
Jumlah seluruh populasi dan sempel dalam penelitian ini sama yaitu 63 peserta
didik yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu 5A dan 5B. Teknik pengumpulan data
menggunakan Test dan Nontest. Instrumen pengumpulan data yang digunakan
adalah lembar soal, lembar observasi, dan pedoman dokumentasi. Teknik
analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji hipotesis.
Berdasarkan analisis data diperoleh: 1) Hasil belajar pretest kelas kontrol
sebesar 47,74. 2) Hasil belajar posttest kelas kontrol sebesar 71,61. 3) Hasil
belajar pretest kelas eksperimen sebesar 53,44. 4) Hasil belajar posttest kelas
eksperimen sebesar 86,88. 5) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan
metode bended learning berbantuan aplikasi chatbot NAFA. 6) Penerapan
metode blended learning berbantuan aplikasi chatbot NAFA memiliki
pengaruh uji effect size sebesar 4,2335. Maka, dapat disimpukan penggunaan
metode bended learning berbantuan aplikasi chatbot NAFA memiiki pengaruh
yang tinggi terhadap hasil belajar.