Pengaruh Metode Blended Learning Berbantuan Aplikasi Chatbot NAFA Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.author Yulianti, Pika
dc.date.accessioned 2025-06-30T02:43:11Z
dc.date.available 2025-06-30T02:43:11Z
dc.date.issued 2024-05-17
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6644
dc.description.abstract PIKA YULIANTI, Pengaruh Metode Blended Learning berbantuan Aplikasi Chatbot Nafa pada Materi Sistem Pernafasan Manusia terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 39 Pontianak Kota Tahun Ajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan teknologi digital yang telah menunjukan dampak yang positif pada presentasi akademik peserta didik. dengan penggunaan teknologi dalam pendidikan yang semakin berkembang dan dengan aplikasi chatbot adalah salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Pada observasi awal, diperoleh informasi bahwa kelas A dan B memiliki kesulitan dalam belajar IPA dengan rata-rata pada pembelajaran IPA 63,2 dan 65 yang masih tergolong rendah. Berkaitan dengan masalah ini, peneliti bertujuan untuk memaparkan: 1) Hasil belajar pretest kelas kontrol, 2) Hasil belajar posttest kelas kontrol, 3) Hasil belajar pretest kelas eksperimen, 4) Hasil belajar posttest kelas eksperimen, 5) Pengaruh penerapan metode blended learning berbantuan aplikasi chatbot NAFA terhadap hasil belajar, 6) Seberapa besar pengaruh penerapan metode blended learning berbantuan aplikasi chatbot NAFA terhadap hasil belajar di SD Negeri 39 Pontianak Kota Tahun Ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian Quasi Experimental dengan pretest-postest control group design. Jumlah seluruh populasi dan sempel dalam penelitian ini sama yaitu 63 peserta didik yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu 5A dan 5B. Teknik pengumpulan data menggunakan Test dan Nontest. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar soal, lembar observasi, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data diperoleh: 1) Hasil belajar pretest kelas kontrol sebesar 47,74. 2) Hasil belajar posttest kelas kontrol sebesar 71,61. 3) Hasil belajar pretest kelas eksperimen sebesar 53,44. 4) Hasil belajar posttest kelas eksperimen sebesar 86,88. 5) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode bended learning berbantuan aplikasi chatbot NAFA. 6) Penerapan metode blended learning berbantuan aplikasi chatbot NAFA memiliki pengaruh uji effect size sebesar 4,2335. Maka, dapat disimpukan penggunaan metode bended learning berbantuan aplikasi chatbot NAFA memiiki pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Chatbot en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Metode Blended Learning en_US
dc.title Pengaruh Metode Blended Learning Berbantuan Aplikasi Chatbot NAFA Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account