Abstract:
WENI KARINA, Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun
Ruang Melalui Strategi Team Quiz Pada Kelas VI MIS Mamba’ul Huda Tujuh
Belas Tahun Ajaran 2022/2023: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program
Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pontianak, 2023.
Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil
belajar matematika materi bangun ruang peserta didik kelas VI MIS Mamba’ul
Huda Tujuh Belas. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Memaparkan hasil belajar
Matematika materi bangun ruang sebelum diterapkan strategi pembelajaran Team
Quiz pada peserta didik kelas VI MIS Mamba’ul Huda Tujuh Belas. 2)
Memaparkan penerapan strategi pembelajaran Team Quiz pada peserta didik kelas
VI MIS Mamba’ul Huda Tujuh Belas. 3) Memaparkan hasil belajar matematika
materi bangun ruang setelah diterapkan strategi pembelajaran Team Quiz. 4)
Mendeskripsikan apakah strategi pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan
hasil belajar Matematika materi bangun ruang pada peserta didik kelas VI MIS
Mamba’ul Huda Tujuh Belas.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek
penelitian yaitu peserta didik kelas VI MIS Mamba’ul Huda Tujuh Belas yang
berjumlah 17 peserta didik. Tahapan pada penelitian ini terdiri dari tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan
data pada penelitian ini adalah teknik tes, teknik observasi dan dokumentasi. Alat
pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes, lembar observasi dan
dokumen. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang diolah dengan
perhitungan rata-rata dan persentase.
Hasil penelitian dengan menggunakan strategi pembelajaran Team Quiz
menunjukkan 1) Hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan strategi
pembelajaran Team Quiz yaitu peserta didik memperoleh rata-rata kelas sebesar
39,5. jumlah peserta didik yang tuntas hanya 3 orang dengan persentase ketuntasan
17,7% dan jumlah peserta didik yang tidak tuntas sebanyak 14 orang atau 82,3%.
2) Penerapan strategi pembelajaran Team Quiz di kelas VI MIS Mamba’ul Huda
Tujuh Belas memperoleh nilai hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus I
yaitu 72% dengan kategori baik kemudian meningkat menjadi 91% pada siklus II
dengan kategori sangat baik. 3) Setelah diterapkan strategi pembelajaran Team Quiz
pada siklus I memperoleh nilai rata-rata kelas 50,9 dengan persentase ketuntasan
41,2%. Kemudian pada siklus II memperoleh nilai rata-rata kelas yaitu 74,2 dengan
persentase ketuntasan sebesar 82,4%. 4) Terdapat peningkatan hasil belajar yang
diperoleh setelah melalui siklus II dengan persentase ketuntasan akhir 82,4% dan
sudah mencapai indikator keberhasilan.