Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Melalui Strategi Pembelajaran Team Quiz pada Kelas VI MIS Mamba’ul Huda Tujuh Belas Tahun Ajaran 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rustam, Rustam
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.advisor Surianto, Surianto
dc.contributor.author Karina, Weni
dc.date.accessioned 2025-06-21T12:15:57Z
dc.date.available 2025-06-21T12:15:57Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6573
dc.description.abstract WENI KARINA, Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Melalui Strategi Team Quiz Pada Kelas VI MIS Mamba’ul Huda Tujuh Belas Tahun Ajaran 2022/2023: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar matematika materi bangun ruang peserta didik kelas VI MIS Mamba’ul Huda Tujuh Belas. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Memaparkan hasil belajar Matematika materi bangun ruang sebelum diterapkan strategi pembelajaran Team Quiz pada peserta didik kelas VI MIS Mamba’ul Huda Tujuh Belas. 2) Memaparkan penerapan strategi pembelajaran Team Quiz pada peserta didik kelas VI MIS Mamba’ul Huda Tujuh Belas. 3) Memaparkan hasil belajar matematika materi bangun ruang setelah diterapkan strategi pembelajaran Team Quiz. 4) Mendeskripsikan apakah strategi pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi bangun ruang pada peserta didik kelas VI MIS Mamba’ul Huda Tujuh Belas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VI MIS Mamba’ul Huda Tujuh Belas yang berjumlah 17 peserta didik. Tahapan pada penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes, teknik observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes, lembar observasi dan dokumen. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang diolah dengan perhitungan rata-rata dan persentase. Hasil penelitian dengan menggunakan strategi pembelajaran Team Quiz menunjukkan 1) Hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan strategi pembelajaran Team Quiz yaitu peserta didik memperoleh rata-rata kelas sebesar 39,5. jumlah peserta didik yang tuntas hanya 3 orang dengan persentase ketuntasan 17,7% dan jumlah peserta didik yang tidak tuntas sebanyak 14 orang atau 82,3%. 2) Penerapan strategi pembelajaran Team Quiz di kelas VI MIS Mamba’ul Huda Tujuh Belas memperoleh nilai hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus I yaitu 72% dengan kategori baik kemudian meningkat menjadi 91% pada siklus II dengan kategori sangat baik. 3) Setelah diterapkan strategi pembelajaran Team Quiz pada siklus I memperoleh nilai rata-rata kelas 50,9 dengan persentase ketuntasan 41,2%. Kemudian pada siklus II memperoleh nilai rata-rata kelas yaitu 74,2 dengan persentase ketuntasan sebesar 82,4%. 4) Terdapat peningkatan hasil belajar yang diperoleh setelah melalui siklus II dengan persentase ketuntasan akhir 82,4% dan sudah mencapai indikator keberhasilan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Matematika en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran en_US
dc.subject Team Quiz en_US
dc.title Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Melalui Strategi Pembelajaran Team Quiz pada Kelas VI MIS Mamba’ul Huda Tujuh Belas Tahun Ajaran 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account