Abstract:
AFDELIA BESTRIANY, Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran
ASSURE Dengan Bantuan Media Dekak Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam
Materi FPB Dan KPK Kelas IV Di SDN 34 Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023:
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) hasil belajar peserta didik
dalam materi FPB dan KPK kelas IV pada kelas kontrol di SDN 34 Pontianak; 2)
langkah-langkah penggunaan model pembelajaran ASSURE dengan bantuan media
Dekak terhadap hasil belajar peserta didik dalam materi FPB dan KPK kelas IV di SDN
34 Pontianak tahun ajaran; 3) hasil belajar peserta didik dalam materi FPB dan KPK
kelas IV pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran ASSURE dengan
bantuan media Dekak di SDN 34 Pontianak; 4) signifikansi pengaruh penggunaan model
pembelajaran ASSURE dengan bantuan media Dekak terhadap hasil belajar peserta didik
antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam materi FPB dan KPK kelas IV di SDN
34 Pontianak.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan desain
pretest and posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini berujumlah 123
peserta didik kelas IV SDN 34 Pontianak yang terdiri dari kelas A, B, C, D, kemudian
dipilih dua kelas secara acak sebagai sampel. Kelas IV C sebagai kelas eksperimen
diterapkan model pembelajaran ASSURE dengan bantuan media Dekak dan kelas IV A
sebagai kelas kontrol diterapkan pendekatan scientific. Teknik mengumpulkan data
menggunakan tes, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji
normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (uji Mann Whitney).
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: (1)
hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol mencapai rata-rata sebesar 81,50, dan
sebanyak 24 dari 32 peserta didik (75%) yang mencapai KKM; (2) langkah-langkah
penggunaan model pembelajaran ASSURE dengan bantuan media Dekak terhadap hasil
belajar peserta didik dalam materi FPB dan KPK kelas IV adalah menganalisis
karakteristik peserta didik, menyampaikan tujuan pembelajaran, memilih metode, media
dan bahan ajar, penggunaan media dan bahan ajar, mengaktifkan keterlibatan peserta
didik), mengevaluasi dan merevisi; (3) hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen
mencapat rata-rata sebesar 91,83, dan sebanyak 27 dari 30 peserta didik (90%) yang
mencapai KKM; (4) tidak terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran
ASSURE dengan bantuan media Dekak terhadap hasil belajar peserta didik antara kelas
kontrol dengan kelas eksperimen dalam materi FPB dan KPK kelas IV di SDN 34
Pontianak tahun ajaran 2022/2023.