Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran ASSURE Dengan Bantuan Media Dekak Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Materi FPB Dan KPK Kelas IV Di SDN 34 Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Rustanuari, Ressy
dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.author Bestriany, Afdelia
dc.date.accessioned 2025-06-21T04:32:34Z
dc.date.available 2025-06-21T04:32:34Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6570
dc.description.abstract AFDELIA BESTRIANY, Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran ASSURE Dengan Bantuan Media Dekak Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Materi FPB Dan KPK Kelas IV Di SDN 34 Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) hasil belajar peserta didik dalam materi FPB dan KPK kelas IV pada kelas kontrol di SDN 34 Pontianak; 2) langkah-langkah penggunaan model pembelajaran ASSURE dengan bantuan media Dekak terhadap hasil belajar peserta didik dalam materi FPB dan KPK kelas IV di SDN 34 Pontianak tahun ajaran; 3) hasil belajar peserta didik dalam materi FPB dan KPK kelas IV pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran ASSURE dengan bantuan media Dekak di SDN 34 Pontianak; 4) signifikansi pengaruh penggunaan model pembelajaran ASSURE dengan bantuan media Dekak terhadap hasil belajar peserta didik antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam materi FPB dan KPK kelas IV di SDN 34 Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest and posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini berujumlah 123 peserta didik kelas IV SDN 34 Pontianak yang terdiri dari kelas A, B, C, D, kemudian dipilih dua kelas secara acak sebagai sampel. Kelas IV C sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran ASSURE dengan bantuan media Dekak dan kelas IV A sebagai kelas kontrol diterapkan pendekatan scientific. Teknik mengumpulkan data menggunakan tes, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (uji Mann Whitney). Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: (1) hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol mencapai rata-rata sebesar 81,50, dan sebanyak 24 dari 32 peserta didik (75%) yang mencapai KKM; (2) langkah-langkah penggunaan model pembelajaran ASSURE dengan bantuan media Dekak terhadap hasil belajar peserta didik dalam materi FPB dan KPK kelas IV adalah menganalisis karakteristik peserta didik, menyampaikan tujuan pembelajaran, memilih metode, media dan bahan ajar, penggunaan media dan bahan ajar, mengaktifkan keterlibatan peserta didik), mengevaluasi dan merevisi; (3) hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen mencapat rata-rata sebesar 91,83, dan sebanyak 27 dari 30 peserta didik (90%) yang mencapai KKM; (4) tidak terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran ASSURE dengan bantuan media Dekak terhadap hasil belajar peserta didik antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen dalam materi FPB dan KPK kelas IV di SDN 34 Pontianak tahun ajaran 2022/2023. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Pembelajaran ASSURE en_US
dc.subject Media Dekak en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran ASSURE Dengan Bantuan Media Dekak Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Materi FPB Dan KPK Kelas IV Di SDN 34 Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account