Abstract:
Bella Sinta 11713028, Pengaruh Penerapan Model Think Talk Write
Terhadap Keterampilan Menulis Laporan Percobaan Kelas V MI Al-Ihsan
Kecamatan Batu Ampar. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
(PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memaparkan tentang: (1)
Keterampilan menulis peserta didik sebelum diterapkan model Think Talk Write untuk
meningkatkan keterampilan menulis laporan percobaan di kelas V MI Al-Ihsan
Kecamatan Batu Ampar. (2) Keterampilan menulis peserta didik setelah diterapkan model
Think Talk Write untuk meningkatkan keterampilan menulis laporan percobaan di kelas
V MI Al-Ihsan Kecamatan Batu Ampar. (3) Pengaruh penggunaan model Think Talk
Write terhadap keterampilan menulis laporan percobaan peserta didik kelas V MI Al
Ihsan Kecamatan Batu Ampar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan
menggunakan pre-experimental design (pra- eksperimen) pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V dengan jumlah 40
Peserta didik. Alat pengumpulan data berupa tes tertulis untuk menguji keterampilan
menulis laporan percobaan peserta didik sebelum dan sesudah menerapkan model Think
Talk Write.
Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan: (1) Keterampilan menulis
peserta didik kelas V MI Al-Ihsan Kecamatan Batu Ampar sebelum menggunakan model
Think Talk Write mendapatkan nilai rata-rata 64,91 dengan katagori cukup. (2)
Keterampilan menulis peserta didik kelas V MI Al-Ihsan Kecamatan Batu Ampar
sesudah menggunakan model Think Talk Write mendapatkan nilai rata-rata 79,62 dengan
katagori baik. (3) Terdapat pengaruh sebesar 0,134 dari penggunaan model Think Talk
Write terhadap keterampilan menulis laporan percobaan peserta didik kelas V MI Al
Ihsan Kecamatan Batu Ampar.