Abstract:
MUHAMMAD I’IJAZ, Penggunaan Metode Jarimatika dengan Media Kartu
Hitung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Materi Operasi
Hitung Perkalian di SD Negeri 10 Nanga Temenang Tahun Pelajaran 2022/
2023. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Pontianak 2023 M.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) hasil belajar
peserta didik kelas IV sebelum penggunaan metode jarimatika dengan media kartu
hitung di SDN 10 Nanga Temenang tahun pelajaran 2022/ 2023; 2) langkah
langkah penggunaan metode jarimatika dengan media kartu hitung untuk
meningkatkan hasil belajar pada materi operasi hitung perkalian di SDN 10 Nanga
Temenang tahun pelajaran 2022/ 2023; 3) hasil belajar peserta didik kelas IV
setelah penggunaan metode jarimatika dengan media kartu hitung di SDN 10
Nanga Temenang tahun pelajaran 2022/ 2023; 4) peningkatan hasil belajar peserta
didik menggunakan metode jarimatika dengan media kartu hitung pada peserta
didik kelas IV materi operasi hitung perkalian di SDN 10 Nanga Temenang tahun
pelajaran 2022/ 2023.
Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes dan
dokumentasi. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar
observasi, lembar soal dan dokumen.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Hasil belajar
sebelum penggunaan metode jarimatika dengan media kartu hitung, persentase
nilai peserta didik tidak tuntas sebesar 72,8% dan persentase tuntas sebesar
27,2%; 2) Langkah-langkah penggunaan metode jarimatika dengan media kartu
hitung pada peserta didik kelas IV, berdasarkan persentase hasil observasi siklus I
sebesar 78,26% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase
sebesar 93,9%; 3) Hasil belajar peserta didik kelas IV setelah penggunaan metode
jarimatika dengan media kartu hitung, persentase ketuntasan peserta didik pada
siklus I sebesar 61,2% sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan peserta
didik sebesar 83,3%; 4) Peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan
metode jarimatika dengan media kartu hitung pada peserta didik kelas IV Materi
Operasi Hitung Perkalian, dilihat dari nilai pra siklus persentase ketuntasan
sebesar 27,2%. Sedangkan pada nilai siklus I persentase ketuntasan sebesar 61,2%
dan pada nilai siklus II persentase ketuntasan sebesar 83,3%. Dilihat dari
persentase ketuntasan dari setiap siklus selalu mengalami peningkatan setelah
penggunaan metode jarimatika dengan media kartu hitung untuk meningkatkan
hasil belajar peserta didik kelas IV pada materi operasi hitung perkalian di SDN
10 Nanga Temenang tahun pelajaran 2022/ 2023.