Penggunaan Metode Jarimatika dengan Media Kartu Hitung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Materi Operasi Hitung Perkalian di SDN 10 Nanga Temenang Tahun Pelajaran 2022/ 2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.author I’ijaz, Muhammad
dc.date.accessioned 2025-06-21T04:03:44Z
dc.date.available 2025-06-21T04:03:44Z
dc.date.issued 2023-07-25
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6568
dc.description.abstract MUHAMMAD I’IJAZ, Penggunaan Metode Jarimatika dengan Media Kartu Hitung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Materi Operasi Hitung Perkalian di SD Negeri 10 Nanga Temenang Tahun Pelajaran 2022/ 2023. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2023 M. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) hasil belajar peserta didik kelas IV sebelum penggunaan metode jarimatika dengan media kartu hitung di SDN 10 Nanga Temenang tahun pelajaran 2022/ 2023; 2) langkah langkah penggunaan metode jarimatika dengan media kartu hitung untuk meningkatkan hasil belajar pada materi operasi hitung perkalian di SDN 10 Nanga Temenang tahun pelajaran 2022/ 2023; 3) hasil belajar peserta didik kelas IV setelah penggunaan metode jarimatika dengan media kartu hitung di SDN 10 Nanga Temenang tahun pelajaran 2022/ 2023; 4) peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan metode jarimatika dengan media kartu hitung pada peserta didik kelas IV materi operasi hitung perkalian di SDN 10 Nanga Temenang tahun pelajaran 2022/ 2023. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar soal dan dokumen. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Hasil belajar sebelum penggunaan metode jarimatika dengan media kartu hitung, persentase nilai peserta didik tidak tuntas sebesar 72,8% dan persentase tuntas sebesar 27,2%; 2) Langkah-langkah penggunaan metode jarimatika dengan media kartu hitung pada peserta didik kelas IV, berdasarkan persentase hasil observasi siklus I sebesar 78,26% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase sebesar 93,9%; 3) Hasil belajar peserta didik kelas IV setelah penggunaan metode jarimatika dengan media kartu hitung, persentase ketuntasan peserta didik pada siklus I sebesar 61,2% sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan peserta didik sebesar 83,3%; 4) Peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan metode jarimatika dengan media kartu hitung pada peserta didik kelas IV Materi Operasi Hitung Perkalian, dilihat dari nilai pra siklus persentase ketuntasan sebesar 27,2%. Sedangkan pada nilai siklus I persentase ketuntasan sebesar 61,2% dan pada nilai siklus II persentase ketuntasan sebesar 83,3%. Dilihat dari persentase ketuntasan dari setiap siklus selalu mengalami peningkatan setelah penggunaan metode jarimatika dengan media kartu hitung untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada materi operasi hitung perkalian di SDN 10 Nanga Temenang tahun pelajaran 2022/ 2023. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Jarimatika en_US
dc.subject Media Kartu Hitung en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Penggunaan Metode Jarimatika dengan Media Kartu Hitung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Materi Operasi Hitung Perkalian di SDN 10 Nanga Temenang Tahun Pelajaran 2022/ 2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account