Abstract:
NURATIKA, Penggunaan Pendekatan Scientific learning
Berbantuan Media Tabel untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
Materi FPB dan KPK di SD Negeri 34 Pontianak Kota Tahun Pelajaran
2022/2023. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Pontianak, 2023.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta
didik pada materi FPB dan KPK. Berdasarkan temuan penelitian tersebut
maka tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk memaparkan bagaimana
hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan pendekatan scientific
learning berbantuan media tabel pada materi FPB dan KPK; (2) Untuk
mendeskripsikan bagaimana proses pendekatan scientific learning
berbantuan media tabel pada materi FPB dan KPK; (3) Untuk meningkatkan
hasil belajar materi FPB dan KPK dengan diterapkannya pendekatan
scientific learning berbantuan media tabel.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian Tindakan Kelas. Subjek pada
penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV/A SD Negeri 34 Pontianak Kota
yang berjumlah 33 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan alat
pengumpulan data adalah soal tes, lembar observasi dan smartphone.
Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif
rata-rata (mean) dan persentase.
Dari hasil pengamatan dan analisis data disimpulkan bahwa : (1)
Sebelum dilakukan tindakan rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu 31,81;
(2) Penerapan pendekatan scientific learning berbantuan media tabel
dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan Siklus II telah terlaksana
100%; (3) Setelah dilakukan tindakan menunjukkan bahwa pada siklus I
nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 53,78 dan pada siklus II
meningkat menjadi 95,45.