Penggunaan Pendekatan Scientific learning Berbantuan Media Tabel untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi FPB dan KPK di SD Negeri 34 Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Erwin, Erwin
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.advisor Sahrani, Sahrani
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author Nuratika, Nuratika
dc.date.accessioned 2025-06-21T03:48:57Z
dc.date.available 2025-06-21T03:48:57Z
dc.date.issued 2023-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6567
dc.description.abstract NURATIKA, Penggunaan Pendekatan Scientific learning Berbantuan Media Tabel untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi FPB dan KPK di SD Negeri 34 Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2022/2023. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi FPB dan KPK. Berdasarkan temuan penelitian tersebut maka tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk memaparkan bagaimana hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan pendekatan scientific learning berbantuan media tabel pada materi FPB dan KPK; (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana proses pendekatan scientific learning berbantuan media tabel pada materi FPB dan KPK; (3) Untuk meningkatkan hasil belajar materi FPB dan KPK dengan diterapkannya pendekatan scientific learning berbantuan media tabel. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Tindakan Kelas. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV/A SD Negeri 34 Pontianak Kota yang berjumlah 33 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan data adalah soal tes, lembar observasi dan smartphone. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif rata-rata (mean) dan persentase. Dari hasil pengamatan dan analisis data disimpulkan bahwa : (1) Sebelum dilakukan tindakan rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu 31,81; (2) Penerapan pendekatan scientific learning berbantuan media tabel dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan Siklus II telah terlaksana 100%; (3) Setelah dilakukan tindakan menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 53,78 dan pada siklus II meningkat menjadi 95,45. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Media Tabel en_US
dc.subject Pendekatan Scientific learning en_US
dc.title Penggunaan Pendekatan Scientific learning Berbantuan Media Tabel untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi FPB dan KPK di SD Negeri 34 Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account