Abstract:
Reny Tri Safitri. 2023. Penggunaan Strategi Card Sort Untuk Meningkatkan
Kemampuan Membaca Permulaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SDN 08
Pontianak Selatan; Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Pontianak.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah di kelas I SD Negeri 08
Pontianak Selatan yaitu kurangnya dalam penggunaan strategi pembelajaran
sehingga kemampuan membaca permulaan peserta didik belum mencapai
maksimal khususnya tema 5 Subtema 1 Materi Mengungkapkan Kata Pujian. Oleh
karena itu peneliti menggunakan strategi card sort. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan; 1) kemampuan peserta didik membaca permulaan sebelum
digunakan strategi card sort pada mata pelajaran bahasa Indonesia. 2) langkah
langkah penggunaan strategi card sort untuk meningkatkan kemampuan peserta
didik membaca permulaan pada mata pelajaran bahasa Indonesia. 3) untuk
menjelaskan kemampuan peserta didik membaca permulaan sesudah digunakan
strategi card sort pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas I di SDN 08 Pontianak
Selatan tahun pelajaran 2022/2023.
Peneliti ini menggunakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian tindakan
kelas (PTK). Lokasi penelitian adalah SDN 08 Pontianak Selatan jl. Gajah Mada,
gang Suez, Kelurahan Benua Melayu Darat, Kota Pontianak Kalimantan Barat.
Sumber data yang digunakan adalah peserta didik kelas I SD Negeri 08 Pontianak
Selatan. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan
lembar tes. Teknik analisis data menggunakan indikator keberhasilan, lembar
observasi dan dokumentasi.
Hasil Penelitian ini: 1) Kemampuan membaca permulaan sebelum
diterapkan strategi card sort belum mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan
persentase 64%. 2) langkah-langkah penerapan strategi card sort untuk
meningkatkan kemapuan membaca permulaan mata pelajaran bahsa indonesia pada
peserta didik pada siklus I dapat terlaksanakan 86,5%, siklus II terlaksana 95,74%
dari langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan. 3) kemampuan membaca
permulaan dalam pembelajaran bahasa indonesia setelah di terapkannya strategi
card sort pada peserta didik kelas I SDN 08 Pontianak Selatan Tahun Pelajaran
2022/2023 pada siklus I 48% dan siklus II 83%. Dengan demikian hipotesis
tindakan diterima.