Penggunaan Strategi Card Sort Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SDN 08 Pontianak Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Sulaiman, Sulaiman
dc.contributor.advisor Rahmap, Rahmap
dc.contributor.advisor Shobikah, Nanik
dc.contributor.author Safitri, Reny Tri
dc.date.accessioned 2025-06-20T14:09:15Z
dc.date.available 2025-06-20T14:09:15Z
dc.date.issued 2023-07-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6566
dc.description.abstract Reny Tri Safitri. 2023. Penggunaan Strategi Card Sort Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SDN 08 Pontianak Selatan; Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah di kelas I SD Negeri 08 Pontianak Selatan yaitu kurangnya dalam penggunaan strategi pembelajaran sehingga kemampuan membaca permulaan peserta didik belum mencapai maksimal khususnya tema 5 Subtema 1 Materi Mengungkapkan Kata Pujian. Oleh karena itu peneliti menggunakan strategi card sort. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan; 1) kemampuan peserta didik membaca permulaan sebelum digunakan strategi card sort pada mata pelajaran bahasa Indonesia. 2) langkah langkah penggunaan strategi card sort untuk meningkatkan kemampuan peserta didik membaca permulaan pada mata pelajaran bahasa Indonesia. 3) untuk menjelaskan kemampuan peserta didik membaca permulaan sesudah digunakan strategi card sort pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas I di SDN 08 Pontianak Selatan tahun pelajaran 2022/2023. Peneliti ini menggunakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Lokasi penelitian adalah SDN 08 Pontianak Selatan jl. Gajah Mada, gang Suez, Kelurahan Benua Melayu Darat, Kota Pontianak Kalimantan Barat. Sumber data yang digunakan adalah peserta didik kelas I SD Negeri 08 Pontianak Selatan. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan indikator keberhasilan, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini: 1) Kemampuan membaca permulaan sebelum diterapkan strategi card sort belum mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan persentase 64%. 2) langkah-langkah penerapan strategi card sort untuk meningkatkan kemapuan membaca permulaan mata pelajaran bahsa indonesia pada peserta didik pada siklus I dapat terlaksanakan 86,5%, siklus II terlaksana 95,74% dari langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan. 3) kemampuan membaca permulaan dalam pembelajaran bahasa indonesia setelah di terapkannya strategi card sort pada peserta didik kelas I SDN 08 Pontianak Selatan Tahun Pelajaran 2022/2023 pada siklus I 48% dan siklus II 83%. Dengan demikian hipotesis tindakan diterima. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Card Sort en_US
dc.subject Membaca Permulaan en_US
dc.title Penggunaan Strategi Card Sort Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SDN 08 Pontianak Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account