Abstract:
SYARIFAH YUNIKA AULIA, Pengaruh Penggunaan Strategi
Card Sort Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Sifat-Sifat Bunyi
Kelas IV SD Nahdlatul Ulum Kubu Raya Tahun Ajaran 2022/2023.
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2022.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) Menguji perbedaan hasil
belajar dalam pelajaran Sifat-Sifat Bunyi Peserta Didik kelas IV SD
Nahdlatul Ulum Kubu Raya antara peserta didik sebelum diberikan
perlakuan menggunakan strategi Card Sort dengan peserta didik setelah
diberikan perlakuan menggunakan strategi Card Sort. (2) Mengetahui
seberapa besar pengaruh penggunaan strategi Card Sort terhadap hasil
belajar materi sifat-sifat bunyi peserta didik kelas IV SD Nahdlatul Ulum
Kubu Raya Tahun Ajaran 2022/2023.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode
penelitian pre-eksperimental dengan design one group pre test post test.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV di SD
Nahdlatul Ulum Kubu Raya. Alat pengumpulan data berupa soal tes untuk
menguji perbedaan hasil belajar sebelum diberikan pelakuan dengan setelah
diberikan pelakuan digunakan uji parametrik (T-Pairedi). Sedangkan untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh menguunakan Effect Size.
Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan (1) Terdapat
perbedaan hasil belajar dalam pembelajaran materi sifat-sifat bunyi peserta
didik kelas IV SD Nahdlatul Ulum Kubu Raya. Peserta didik yang belum
diberikan perlakuan menggunakan strategi card sort (kelas eksperimen)
mempunyai nilai rata-rata 43,12 dan peserta didik yang diajarkan dengan
menggunakan startegi card sort (kelas kontrol) mempunyai nilai rata-rata
posttest 74,37. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan
strategi card sort terhadap hasil belajar peserta didik materi sifat-sifat bunyi
kelas IV SD Nahdlatul Ulum Tahun Ajaran 2022/2023.