Pengaruh Penggunaan Strategi Card Sort Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Sifat-Sifat Bunyi Kelas IV SD Nahdlatul Ulum Kubu Raya Tahun Ajaran 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rustam, Rustam
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.advisor AR, Eka Hendry
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.author Aulia, Syarifah Yunika
dc.date.accessioned 2025-06-19T02:53:34Z
dc.date.available 2025-06-19T02:53:34Z
dc.date.issued 2023-07-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6563
dc.description.abstract SYARIFAH YUNIKA AULIA, Pengaruh Penggunaan Strategi Card Sort Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Sifat-Sifat Bunyi Kelas IV SD Nahdlatul Ulum Kubu Raya Tahun Ajaran 2022/2023. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2022. Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) Menguji perbedaan hasil belajar dalam pelajaran Sifat-Sifat Bunyi Peserta Didik kelas IV SD Nahdlatul Ulum Kubu Raya antara peserta didik sebelum diberikan perlakuan menggunakan strategi Card Sort dengan peserta didik setelah diberikan perlakuan menggunakan strategi Card Sort. (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan strategi Card Sort terhadap hasil belajar materi sifat-sifat bunyi peserta didik kelas IV SD Nahdlatul Ulum Kubu Raya Tahun Ajaran 2022/2023. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-eksperimental dengan design one group pre test post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV di SD Nahdlatul Ulum Kubu Raya. Alat pengumpulan data berupa soal tes untuk menguji perbedaan hasil belajar sebelum diberikan pelakuan dengan setelah diberikan pelakuan digunakan uji parametrik (T-Pairedi). Sedangkan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh menguunakan Effect Size. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan (1) Terdapat perbedaan hasil belajar dalam pembelajaran materi sifat-sifat bunyi peserta didik kelas IV SD Nahdlatul Ulum Kubu Raya. Peserta didik yang belum diberikan perlakuan menggunakan strategi card sort (kelas eksperimen) mempunyai nilai rata-rata 43,12 dan peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan startegi card sort (kelas kontrol) mempunyai nilai rata-rata posttest 74,37. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan strategi card sort terhadap hasil belajar peserta didik materi sifat-sifat bunyi kelas IV SD Nahdlatul Ulum Tahun Ajaran 2022/2023. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Card Sort en_US
dc.subject Sifat Bunyi en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Strategi Card Sort Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Sifat-Sifat Bunyi Kelas IV SD Nahdlatul Ulum Kubu Raya Tahun Ajaran 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account