Abstract:
ANNISA. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Strategi Think
Pair Share Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di MIS Nurul Ulum Pontianak Barat
Tahun Ajaran 2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pontianak, 2023.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1)Hasil Belajar Peserta
Didik Sebelum Diterapkan Strategi Think Pair Share Pada Mata Pelajaran IPA
Kelas IV Di MIS Nurul Ulum Pontianak Barat Tahun Ajaran 2023/2024.2)
Penerapan Strategi Think Pair Share untuk meningkatkan Hasil Belajar Peserta
Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di MIS Nurul Ulum Pontianak Barat
Tahun Ajaran 2023/2024.3) Hasil Belajar Peserta Didik Setelah Diterapkan Strategi
Think Pair Share Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di MIS Nurul Ulum Pontianak
Barat Tahun Ajaran 2023/2024.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di MIS Nurul Ulum
Pontianak Barat pada Kelas IV Mata Pelajaran IPA data diperoleh dengan
menggunakan teknik tes ,observasi dan dokumentasi serta analisisnya berupa soal,
lembar observasi dan dokumentasi foto-foto kegiatan pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik sebelum
diterapkan Strategi Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran IPA kelas IV di
MIS Nurul Ulum Pontianak Barat Tahun Ajaran 2023/2024 adalah nilai rata-rata
sebesar 68,53% dengan 14 orang yang tuntas dan 20 orang tidak tuntas. 2)
Penerapan strategi Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran IPA kelas IV di MIS
Nurul Ulum Pontianak Barat Tahun Ajaran 2023/2024 telah terlaksana pada siklus
1 sebesar 72,36% dan pada siklus 2 sebesar 86,47%. 3) Hasil observasi
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan strategi Think Pair
Share untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik diperoleh data sebagai berikut
: Prasiklus sebesar 68,53%, siklus I mengalami peningkatan sebesar 3,83% menjadi
72,36% dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 14,11% menjadi 86,47. Maka
dapat disimpulkan bahwa strategi Think Pair Share dapat meningkatkan hasil
belajar.