Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Strategi Think Pair Share Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di MIS Nurul Ulum Pontianak Barat Tahun Ajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.author Annisa, Annisa
dc.date.accessioned 2025-06-19T01:25:09Z
dc.date.available 2025-06-19T01:25:09Z
dc.date.issued 2023-07-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6552
dc.description.abstract ANNISA. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Strategi Think Pair Share Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di MIS Nurul Ulum Pontianak Barat Tahun Ajaran 2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1)Hasil Belajar Peserta Didik Sebelum Diterapkan Strategi Think Pair Share Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di MIS Nurul Ulum Pontianak Barat Tahun Ajaran 2023/2024.2) Penerapan Strategi Think Pair Share untuk meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di MIS Nurul Ulum Pontianak Barat Tahun Ajaran 2023/2024.3) Hasil Belajar Peserta Didik Setelah Diterapkan Strategi Think Pair Share Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di MIS Nurul Ulum Pontianak Barat Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di MIS Nurul Ulum Pontianak Barat pada Kelas IV Mata Pelajaran IPA data diperoleh dengan menggunakan teknik tes ,observasi dan dokumentasi serta analisisnya berupa soal, lembar observasi dan dokumentasi foto-foto kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan Strategi Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran IPA kelas IV di MIS Nurul Ulum Pontianak Barat Tahun Ajaran 2023/2024 adalah nilai rata-rata sebesar 68,53% dengan 14 orang yang tuntas dan 20 orang tidak tuntas. 2) Penerapan strategi Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran IPA kelas IV di MIS Nurul Ulum Pontianak Barat Tahun Ajaran 2023/2024 telah terlaksana pada siklus 1 sebesar 72,36% dan pada siklus 2 sebesar 86,47%. 3) Hasil observasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan strategi Think Pair Share untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik diperoleh data sebagai berikut : Prasiklus sebesar 68,53%, siklus I mengalami peningkatan sebesar 3,83% menjadi 72,36% dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 14,11% menjadi 86,47. Maka dapat disimpulkan bahwa strategi Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Think Pair Share en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Strategi Think Pair Share Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di MIS Nurul Ulum Pontianak Barat Tahun Ajaran 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account