Abstract:
SALMA MAULIDA. Penerapan Metode Role Playing Dibantu
Dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
Materi Kalimat Ajakan Kelas II di SDIT Al-Hikmah Pontianak Kota Tahun
Ajaran 2022/2023. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pontianak, 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Bahasa
Indonesia materi kalimat ajakan kelas II SDIT Al-Hikmah Pontianak Kota.
Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan dalam
pembelajaran masih menggunakan metode ceramah tanpa adanya bantuan
media dalam proses pembelajaran. Sehingga membuat pembelajaran menjadi
terasa membosankan karena hanya mendengarkan penjelasan dari guru saja.
Untuk itu peneliti melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) guna
mengetahui: (1) hasil belajar sebelum diterapkan metode role playing dibantu
dengan media gambar. (2) langkah-langkah penerapan metode role playing
dibantu dengan media gambar. (3) hasil belajar siklus I dan siklus II sesudah
diterapkan metode role playing dibantu dengan media gambar. (4) ada
tidaknya peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkan metode
role playing dibantu dengan media gambar.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II
SDIT Al-Hikmah Pontianak Kota Tahun Ajaran 2022/2023 berjumlah 24
orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Pengolahan data
menggunakan rata-rata dan persentase.
Berdasarkan perhitungan data penelitian diperoleh: (1) Hasil belajar
peserta didik materi kalimat ajakan sebelum menggunakan metode role
playing dibantu dengan media gambar kelas II SDIT Al-Hikmah Pontianak
Kota Tahun Ajaran 2022/2023 diketahui yang mencapai nilai KKM hanya 11
dari 24 peserta didik setara dengan 45,83% dengan nilai rata-rata kelas 59,17.
(2) Langkah-langkah penerapan metode role playing dibantu dengan media
gambar yaitu pada siklus I peserta didik bermain peran dengan memeggang
spidol secara berkeliling dan dibagikan teks percakapan oleh guru dengan
bantuan media gambar di papan tulis dan diminta untuk maju ke depan kelas
pada siklus II peserta didik membuat teks percakapan sesuai dengan media
gambar yang ada di papan tulis kemudian memeggang spidol secara
berkeliling dan peserta didik diminta maju ke depan kelas. (3) Hasil belajar
peserta didik pada materi kalimat ajakan pada siklus I setelah menggunakan
metode role playing dibantu dengan media gambar kelas II SDIT Al-Hikmah
Pontianak Kota Tahun Ajaran 2022/2023 diketahui yang mencapai nilai
KKM sebanyak 15 dari 24 peserta didik setara dengan 62,5% dengan nilai
rata-rata kelas 72,08 dan hasil belajar pada siklus II setelah menggunakan
metode role playing dibantu dengan media gambar diketahui yang mencapai
nilai KKM sebanyak 21 dari 24 peserta didik setara dengan 87,49% dengan
nilai rata-rata kelas 87,49. (4) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik
materi kalimat ajakan kelas II sebelum dan sesudah menggunakan metode
role playing dibantu dengan media gambar di SDIT Al-Hikmah Pontianak
Kota Tahun Ajaran 2022/2023. Hal ini ditunjukkan pada nilai hasil belajar
peserta didik pada siklus II yang mencapai nilai KKM sebanyak 21 dari 24
peserta didik setara dengan 87,49% dengan nilai rata-rata kelas 84,58. Artinya
penerapan metode role playing dibantu dengan media gambar dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik materi kalimat ajakan.