Penerapan Metode Role Playing Dibantu Dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Kalimat Ajakan Kelas II di SDIT Al-Hikmah Pontianak Kota Tahun Ajaran 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Atmaja, Dwi Surya
dc.contributor.advisor Prakoso, Imam Agung
dc.contributor.advisor Sahrani, Sahrani
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author Maulida, Salma
dc.date.accessioned 2025-06-19T01:13:19Z
dc.date.available 2025-06-19T01:13:19Z
dc.date.issued 2023-07-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6551
dc.description.abstract SALMA MAULIDA. Penerapan Metode Role Playing Dibantu Dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Kalimat Ajakan Kelas II di SDIT Al-Hikmah Pontianak Kota Tahun Ajaran 2022/2023. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia materi kalimat ajakan kelas II SDIT Al-Hikmah Pontianak Kota. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran masih menggunakan metode ceramah tanpa adanya bantuan media dalam proses pembelajaran. Sehingga membuat pembelajaran menjadi terasa membosankan karena hanya mendengarkan penjelasan dari guru saja. Untuk itu peneliti melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) guna mengetahui: (1) hasil belajar sebelum diterapkan metode role playing dibantu dengan media gambar. (2) langkah-langkah penerapan metode role playing dibantu dengan media gambar. (3) hasil belajar siklus I dan siklus II sesudah diterapkan metode role playing dibantu dengan media gambar. (4) ada tidaknya peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkan metode role playing dibantu dengan media gambar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II SDIT Al-Hikmah Pontianak Kota Tahun Ajaran 2022/2023 berjumlah 24 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan rata-rata dan persentase. Berdasarkan perhitungan data penelitian diperoleh: (1) Hasil belajar peserta didik materi kalimat ajakan sebelum menggunakan metode role playing dibantu dengan media gambar kelas II SDIT Al-Hikmah Pontianak Kota Tahun Ajaran 2022/2023 diketahui yang mencapai nilai KKM hanya 11 dari 24 peserta didik setara dengan 45,83% dengan nilai rata-rata kelas 59,17. (2) Langkah-langkah penerapan metode role playing dibantu dengan media gambar yaitu pada siklus I peserta didik bermain peran dengan memeggang spidol secara berkeliling dan dibagikan teks percakapan oleh guru dengan bantuan media gambar di papan tulis dan diminta untuk maju ke depan kelas pada siklus II peserta didik membuat teks percakapan sesuai dengan media gambar yang ada di papan tulis kemudian memeggang spidol secara berkeliling dan peserta didik diminta maju ke depan kelas. (3) Hasil belajar peserta didik pada materi kalimat ajakan pada siklus I setelah menggunakan metode role playing dibantu dengan media gambar kelas II SDIT Al-Hikmah Pontianak Kota Tahun Ajaran 2022/2023 diketahui yang mencapai nilai KKM sebanyak 15 dari 24 peserta didik setara dengan 62,5% dengan nilai rata-rata kelas 72,08 dan hasil belajar pada siklus II setelah menggunakan metode role playing dibantu dengan media gambar diketahui yang mencapai nilai KKM sebanyak 21 dari 24 peserta didik setara dengan 87,49% dengan nilai rata-rata kelas 87,49. (4) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik materi kalimat ajakan kelas II sebelum dan sesudah menggunakan metode role playing dibantu dengan media gambar di SDIT Al-Hikmah Pontianak Kota Tahun Ajaran 2022/2023. Hal ini ditunjukkan pada nilai hasil belajar peserta didik pada siklus II yang mencapai nilai KKM sebanyak 21 dari 24 peserta didik setara dengan 87,49% dengan nilai rata-rata kelas 84,58. Artinya penerapan metode role playing dibantu dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik materi kalimat ajakan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Penerapan en_US
dc.subject Metode Role Playing en_US
dc.subject Media Gambar en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Penerapan Metode Role Playing Dibantu Dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Kalimat Ajakan Kelas II di SDIT Al-Hikmah Pontianak Kota Tahun Ajaran 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account