Abstract:
DAHLIA FITRIANI, Pengaruh Penggunaan Teknik Ice Breaking
Terhadap Konsentrasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Mata Pelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Materi Gaya di Sekitar Kita: Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya tingkat konsentrasi dan
hasil belajar peserta didik kelas IV di SD Muhammadiyah 2 Pontianak. Tujuan
penelitian ini adalah: (1) untuk menjelaskan pengaruh penggunaan teknik ice
breaking terhadap konsentrasi belajar peserta didik kelas IV mata pelajaran ilmu
pengetahuan alam dan sosial (IPAS) materi gaya di sekitar kita, (2) untuk
menjelaskan pengaruh penggunaan teknik ice breaking terhadap hasil belajar
peserta didik kelas IV mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS)
materi gaya di sekitar kita.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
Eksperimen. Desain penelitian ini adalah Nonrandomized control group pretest
posttest. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah
2 Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023 sebanyak 2 kelas (69 peserta didik). Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan
dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan yaitu lembar checklist dengan 9
item pengamatan, tes hasil belajar yaitu 15 butir soal pilihan ganda dan dokumentasi
berupa surat pendukung penelitian seperti ATP, Modul Ajar dan foto-foto
penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
statistik deskriptif dan analisis statistik inferensia, dan dilakukan juga uji analisis
prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Sebelum instrumen
digunakan, peneliti telah melakukan uji validitas isi (uji pakar) dan uji validitas
kriteria (uji lapangan).
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka
peneliti menyimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh penggunaan teknik ice
breaking terhadap konsentrasi belajar peserta didik, hal ini ditunjukkan dari hasil
observasi pada nilai Sig < 0,05, konsentrasi belajar peserta didik antara kelas
eksperimen yang diberikan perlakuan berupa teknik ice breaking lebih baik dengan
kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan dengan teknik ice breaking, hal ini
ditunjukkan dari nilai rata-rata konsentrasi belajar kelas eksperimen lebih besar dari
nilai kelas kontrol (76% > 66%); (2) tidak terdapat pengaruh penggunaan teknik ice
breaking terhadap hasil belajar peserta didik, hal ini ditunjukkan dari hasil
observasi pada nilai Sig 0,586 > 0,05, dan dari nilai rata-rata hasil belajar kelas
eksperimen lebih kecil dari pada kelas kontrol (74 < 78).