Pengaruh Penggunaan Teknik Ice Breaking Terhadap Konsentrasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Materi Gaya di Sekitar Kita

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Prisuna, Bayu Fitra
dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.author Fitriani, Dahlia
dc.date.accessioned 2025-06-19T01:05:22Z
dc.date.available 2025-06-19T01:05:22Z
dc.date.issued 2023-07-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6550
dc.description.abstract DAHLIA FITRIANI, Pengaruh Penggunaan Teknik Ice Breaking Terhadap Konsentrasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Materi Gaya di Sekitar Kita: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya tingkat konsentrasi dan hasil belajar peserta didik kelas IV di SD Muhammadiyah 2 Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menjelaskan pengaruh penggunaan teknik ice breaking terhadap konsentrasi belajar peserta didik kelas IV mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS) materi gaya di sekitar kita, (2) untuk menjelaskan pengaruh penggunaan teknik ice breaking terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS) materi gaya di sekitar kita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Eksperimen. Desain penelitian ini adalah Nonrandomized control group pretest posttest. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 2 Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023 sebanyak 2 kelas (69 peserta didik). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan yaitu lembar checklist dengan 9 item pengamatan, tes hasil belajar yaitu 15 butir soal pilihan ganda dan dokumentasi berupa surat pendukung penelitian seperti ATP, Modul Ajar dan foto-foto penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensia, dan dilakukan juga uji analisis prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Sebelum instrumen digunakan, peneliti telah melakukan uji validitas isi (uji pakar) dan uji validitas kriteria (uji lapangan). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh penggunaan teknik ice breaking terhadap konsentrasi belajar peserta didik, hal ini ditunjukkan dari hasil observasi pada nilai Sig < 0,05, konsentrasi belajar peserta didik antara kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa teknik ice breaking lebih baik dengan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan dengan teknik ice breaking, hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata konsentrasi belajar kelas eksperimen lebih besar dari nilai kelas kontrol (76% > 66%); (2) tidak terdapat pengaruh penggunaan teknik ice breaking terhadap hasil belajar peserta didik, hal ini ditunjukkan dari hasil observasi pada nilai Sig 0,586 > 0,05, dan dari nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih kecil dari pada kelas kontrol (74 < 78). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Ice breaking en_US
dc.subject konsentrasi belajar en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Teknik Ice Breaking Terhadap Konsentrasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Materi Gaya di Sekitar Kita en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account