Abstract:
Dwi Handayani “Perbandingan Prestasi Belajar Peserta Didik Materi
Energi Listrik Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing di SDN 38 Kubu dan
Inkuiri Bebas di SDN 09 Kubu Kelas V Tahun Pelajaran 2024/2025 : Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Pontianak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Skor rata-rata
prestasi belajar yang diperoleh peserta didik kelas V pada materi energi listrik
yang diajar dengan menggunakan model Inkuiri Terbimbing di SDN 38 Kubu
Tahun Pelajaran 2024/2025. 2) Skor rata-rata prestasi belajar yang diperoleh
peserta didik kelas V pada materi energi listrik yang diajar dengan
menggunakan model Inkuiri Bebas di SDN 09 Kubu Tahun Pelajaran
2024/2025. 3) Perbedaan prestasi belajar peserta didik kelas V pada materi
energi listrik yang diajar dengan menggunakan model Inkuiri Terbimbing di
SDN 38 Kubu dan Inkuiri Bebas di SDN 09 Kubu Tahun Pelajaran
2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
eksperimen berbentuk Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh peserta didik kelas V di SDN 38 Kubu dan SDN 09 Kubu.
Teknik berupa observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
analisis instrumen, analisis deskriptif dan analisis komparasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Skor rata-rata prestasi
belajar yang diperoleh peserta didik kelas V pada materi energi listrik yang
diajar dengan menggunakan model Inkuiri Terbimbing di SDN 38 Kubu
Tahun Pelajaran 2024/2025. Mengalami peningkatan sebesar 36,54 dari
35,77 (pretest) menjadi 72,31 (posttest). 2) Skor rata-rata prestasi belajar yang
diperoleh peserta didik kelas V pada materi energi listrik yang diajar dengan
menggunakan model Inkuiri Bebas di SDN 09 Kubu Tahun Pelajaran
2024/2025. Mengalami peningkatan sebesar 24,61 dari 46,54 (pretest)
menjadi 71,15 (posttest). 3) Terdapat perbedaan prestasi belajar peserta didik
kelas V pada materi energi listrik yang diajar dengan menggunakan model
Inkuiri Terbimbing di SDN 38 Kubu dan Inkuiri Bebas di SDN 09 Kubu
Tahun Pelajaran 2024/2025. Dimana peningkatan prestasi belajar di kelas
Inkuiri Terbimbing sebesar 36,54 sedangkan pada kelas Inkuiri Bebas sebesar
24,61.