PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI ENERGI LISTRIK MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DI SDN 38 KUBU DAN INKUIRI BEBAS DI SDN 09 KUBU KELAS V TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.author Handayani, Dwi
dc.date.accessioned 2025-06-17T01:37:35Z
dc.date.available 2025-06-17T01:37:35Z
dc.date.issued 2025-05-14
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6542
dc.description.abstract Dwi Handayani “Perbandingan Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Energi Listrik Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing di SDN 38 Kubu dan Inkuiri Bebas di SDN 09 Kubu Kelas V Tahun Pelajaran 2024/2025 : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Skor rata-rata prestasi belajar yang diperoleh peserta didik kelas V pada materi energi listrik yang diajar dengan menggunakan model Inkuiri Terbimbing di SDN 38 Kubu Tahun Pelajaran 2024/2025. 2) Skor rata-rata prestasi belajar yang diperoleh peserta didik kelas V pada materi energi listrik yang diajar dengan menggunakan model Inkuiri Bebas di SDN 09 Kubu Tahun Pelajaran 2024/2025. 3) Perbedaan prestasi belajar peserta didik kelas V pada materi energi listrik yang diajar dengan menggunakan model Inkuiri Terbimbing di SDN 38 Kubu dan Inkuiri Bebas di SDN 09 Kubu Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen berbentuk Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di SDN 38 Kubu dan SDN 09 Kubu. Teknik berupa observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis instrumen, analisis deskriptif dan analisis komparasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Skor rata-rata prestasi belajar yang diperoleh peserta didik kelas V pada materi energi listrik yang diajar dengan menggunakan model Inkuiri Terbimbing di SDN 38 Kubu Tahun Pelajaran 2024/2025. Mengalami peningkatan sebesar 36,54 dari 35,77 (pretest) menjadi 72,31 (posttest). 2) Skor rata-rata prestasi belajar yang diperoleh peserta didik kelas V pada materi energi listrik yang diajar dengan menggunakan model Inkuiri Bebas di SDN 09 Kubu Tahun Pelajaran 2024/2025. Mengalami peningkatan sebesar 24,61 dari 46,54 (pretest) menjadi 71,15 (posttest). 3) Terdapat perbedaan prestasi belajar peserta didik kelas V pada materi energi listrik yang diajar dengan menggunakan model Inkuiri Terbimbing di SDN 38 Kubu dan Inkuiri Bebas di SDN 09 Kubu Tahun Pelajaran 2024/2025. Dimana peningkatan prestasi belajar di kelas Inkuiri Terbimbing sebesar 36,54 sedangkan pada kelas Inkuiri Bebas sebesar 24,61. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject inkuiri terbimbing en_US
dc.subject inkuiri bebas en_US
dc.subject prestasi belajar en_US
dc.title PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI ENERGI LISTRIK MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DI SDN 38 KUBU DAN INKUIRI BEBAS DI SDN 09 KUBU KELAS V TAHUN PELAJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account