Abstract:
SRI ZUL KHASANAH, Pengaruh Penggunaan Model Call On The
Next Speaker Berbantu Media Dakota Terhadap Pemahaman Konsep
Konversi Satuan Panjang Kelas IV MIN Sekadau Tahun Ajaran 2023/2024.
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2023. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Pemahaman konsep peserta
didik kelas IV MIN Sekadau tahun ajaran 2023/2024 sebelum diterapkan
model Call On The Next Speaker berbantu media dakota. 2) Langkah-langkah
penggunaan model Call On The Next Speaker berbantu media dakota materi
konversi satuan panjang kelas IV MIN Sekadau tahun ajaran 2023/2024. 3)
Pemahaman konsep peserta didik kelas IV MIN Sekadau tahun ajaran
2023/2024 setelah diterapkan model Call On The Next Speaker berbantu
media dakota. 4) Pengaruh penggunaan model Call On The Next Speaker
berbantu media dakota terhadap pemahaman konsep peserta didik di kelas IV
MIN Sekadau tahun ajaran 2023/2024.
Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti ini menggunakan metode
penelitian eksperimen dengan menggunakan model Quasi Experimental
(Nonequivalent Control Group Design). Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh peserta didik kelas IV MIN Sekadau yang terdiri dari kelas A dan
kelas B. Kemudian dipilih dua kelas dengan sampling jenuh. Satu kelas
sebagai kelas eksperimen diterapkan dengan menggunakan model Call On
The Next Speaker berbantu media dakota dan satu kelas lainnya sebagai kelas
kontrol menggunakan metode konvensional. Alat pengumpulan data berupa
soal tes, observasi, dan dokumentasi. Uji yang digunakan adalah uji
normalitas, uji reliabilitas, uji daya pembeda, uji tingkat kesukaran, uji
persamaan regresi serta uji keberartian koefisien regresi.
Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan: 1) Pemahaman
konsep peserta didik kelas IV MIN Sekadau sebelum diterapkan model Call
On The Next Speaker berbantu media dakota yaitu mempunyai nilai rata-rata
22,04 pada kelas eksperimen dan nilai rata-rata 23,00 pada kelas kontrol. 2)
Langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran model Call On The Next
Speaker berbantu media dakota dilaksakan sesuai dengan kondisi dan proses
pembelajaran. 3) Pemahaman konsep peserta didik kelas IV MIN Sekadau
setelah diterapkan model Call On The Next Speaker berbantu media dakota
yaitu mempunyai nilai rata-rata 89,44 pada kelas eksperimen dan nilai rata
rata 77,80 pada kelas kontrol. 4) Terdapat pengaruh signifikan dengan uji
regresi sebesar 0,591 nilai signifikasi sebesar 0,001 < 0,05 dan t hitung 3,943
< t tabel 2,009 dalam penggunaan model Call On The Next Speaker berbantu
media dakota terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas IV MIN
Sekadau tahun ajaran 2022/2023.