Pengaruh Penggunaan Model Call On The Next Speaker Berbantu Media Dakota Terhadap Pemahaman Konsep Konversi Satuan Panjang Kelas IV MIN Sekadau Tahun Ajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.advisor Budi, Firman Shantya
dc.contributor.author Khasanah, Sri Zul
dc.date.accessioned 2025-06-11T07:16:45Z
dc.date.available 2025-06-11T07:16:45Z
dc.date.issued 2023-07-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6526
dc.description.abstract SRI ZUL KHASANAH, Pengaruh Penggunaan Model Call On The Next Speaker Berbantu Media Dakota Terhadap Pemahaman Konsep Konversi Satuan Panjang Kelas IV MIN Sekadau Tahun Ajaran 2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Pemahaman konsep peserta didik kelas IV MIN Sekadau tahun ajaran 2023/2024 sebelum diterapkan model Call On The Next Speaker berbantu media dakota. 2) Langkah-langkah penggunaan model Call On The Next Speaker berbantu media dakota materi konversi satuan panjang kelas IV MIN Sekadau tahun ajaran 2023/2024. 3) Pemahaman konsep peserta didik kelas IV MIN Sekadau tahun ajaran 2023/2024 setelah diterapkan model Call On The Next Speaker berbantu media dakota. 4) Pengaruh penggunaan model Call On The Next Speaker berbantu media dakota terhadap pemahaman konsep peserta didik di kelas IV MIN Sekadau tahun ajaran 2023/2024. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan menggunakan model Quasi Experimental (Nonequivalent Control Group Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MIN Sekadau yang terdiri dari kelas A dan kelas B. Kemudian dipilih dua kelas dengan sampling jenuh. Satu kelas sebagai kelas eksperimen diterapkan dengan menggunakan model Call On The Next Speaker berbantu media dakota dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Alat pengumpulan data berupa soal tes, observasi, dan dokumentasi. Uji yang digunakan adalah uji normalitas, uji reliabilitas, uji daya pembeda, uji tingkat kesukaran, uji persamaan regresi serta uji keberartian koefisien regresi. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan: 1) Pemahaman konsep peserta didik kelas IV MIN Sekadau sebelum diterapkan model Call On The Next Speaker berbantu media dakota yaitu mempunyai nilai rata-rata 22,04 pada kelas eksperimen dan nilai rata-rata 23,00 pada kelas kontrol. 2) Langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran model Call On The Next Speaker berbantu media dakota dilaksakan sesuai dengan kondisi dan proses pembelajaran. 3) Pemahaman konsep peserta didik kelas IV MIN Sekadau setelah diterapkan model Call On The Next Speaker berbantu media dakota yaitu mempunyai nilai rata-rata 89,44 pada kelas eksperimen dan nilai rata rata 77,80 pada kelas kontrol. 4) Terdapat pengaruh signifikan dengan uji regresi sebesar 0,591 nilai signifikasi sebesar 0,001 < 0,05 dan t hitung 3,943 < t tabel 2,009 dalam penggunaan model Call On The Next Speaker berbantu media dakota terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas IV MIN Sekadau tahun ajaran 2022/2023. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pengaruh en_US
dc.subject Penggunaan en_US
dc.subject Model Call On The Next Speaker en_US
dc.subject berbantu Media Dakota en_US
dc.subject Pemahaman Konsep en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Model Call On The Next Speaker Berbantu Media Dakota Terhadap Pemahaman Konsep Konversi Satuan Panjang Kelas IV MIN Sekadau Tahun Ajaran 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account