Abstract:
LAILATUL FITRI, Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading
and Composition (CIRC) Berbantuan Media Cerita Bergambar Untuk
Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pesera Didik Kelas IV SDN
41 Ensalang Tahun Ajaran 2022/2023: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penerapan
Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan
Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca
Pemahaman Pesera Didik Kelas IV SDN 41 Ensalang Tahun Ajaran 2022/2023.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan
dengan II Siklus. Lokasi penelitian ini bertempat di SDN 41 Ensalang dengan
sumber datanya adalah peserta didik kelas IV. Alat pengumpulan data yang
digunakan adalah lembar observasi, lembar soal tes dan alat dokumentasi.
Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini berkesimpulan bahwa membaca pemahaman peserta
didik sebelum menggunakan metode CIRC berbantuan media cerita bergambar
pada pra siklus memperoleh nilai rata-rata 50,83 dengan presentase 42% peserta
didik tuntas dan 58% peserta didik tidak tuntas. Adapun setelah menggunakan
metode CIRC berbantuan media cerita bergambar pada kegiatan siklus I,
diperoleh nilai rata-rata 66,67 dengan persentase 67% peserta didik tuntas dan
33% peserta didik tidak tuntas. Kemudian pada siklus II diperoleh nilai rata-rata
72 dengan persentase 83% peserta didik tuntas dan 17% peserta didik tidak
tuntas. Berdasrkan paparan diatas dapat diambil kesimpulan penerapan metode
CIRC berbantuan media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan
membaca pemahaman peserta didik kelas IV di SDN 41 Ensalang.