Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pesera Didik Kelas IV SDN 41 Ensalang Tahun Ajaran 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor AR, Eka Hendry
dc.contributor.advisor Habaridota, Maha Lastasa Buju Basafpipana
dc.contributor.advisor Mujahidah, Nelly
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.author Fitri, Lailatul
dc.date.accessioned 2025-06-11T03:38:57Z
dc.date.available 2025-06-11T03:38:57Z
dc.date.issued 2023-06-26
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6521
dc.description.abstract LAILATUL FITRI, Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pesera Didik Kelas IV SDN 41 Ensalang Tahun Ajaran 2022/2023: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pesera Didik Kelas IV SDN 41 Ensalang Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dengan II Siklus. Lokasi penelitian ini bertempat di SDN 41 Ensalang dengan sumber datanya adalah peserta didik kelas IV. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar soal tes dan alat dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini berkesimpulan bahwa membaca pemahaman peserta didik sebelum menggunakan metode CIRC berbantuan media cerita bergambar pada pra siklus memperoleh nilai rata-rata 50,83 dengan presentase 42% peserta didik tuntas dan 58% peserta didik tidak tuntas. Adapun setelah menggunakan metode CIRC berbantuan media cerita bergambar pada kegiatan siklus I, diperoleh nilai rata-rata 66,67 dengan persentase 67% peserta didik tuntas dan 33% peserta didik tidak tuntas. Kemudian pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 72 dengan persentase 83% peserta didik tuntas dan 17% peserta didik tidak tuntas. Berdasrkan paparan diatas dapat diambil kesimpulan penerapan metode CIRC berbantuan media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV di SDN 41 Ensalang. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode CIRC en_US
dc.subject Media Gambar en_US
dc.subject Membaca Pemahaman en_US
dc.title Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pesera Didik Kelas IV SDN 41 Ensalang Tahun Ajaran 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account