Abstract:
SARAH NUR SABILA, Pengaruh Penggunaan Model Problem
Based Learning dibantu dengan Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar
Peserta Didik Pada Materi Ekosistem Kelas V MIS Al – Mustaqim Sungai
Raya Kubu Raya Tahun Ajaran 2022/2023, Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Pontianak, 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan model dan
media pembelajaran dalam proses pembelajarannya sehingga hasil belajar
peserta didik tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini antara lain: (1)
untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem di
kelas kontrol yang tidak menggunakan model Problem Based Learning
berbantuan media Pop Up Book kelas V MIS Al – Mustaqim Sungai Raya
tahun ajaran 2022/2023 (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik
pada materi ekosistem di kelas eksperimen yang menggunakan model
Problem Based Learning berbantuan media Pop Up Book kelas V MIS Al –
Mustaqim Sungai Raya Tahun Ajaran 2022/2023 (3) untuk mendeskripsikan
pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media Pop
Up Book terhadap hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem kelas V
MIS Al – Mustaqim Sungai Raya Tahun 2022/2023.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode Quasi
Eksperimen dengan bentuk non-equivalen control gruop design. Sampel pada
penelitian ini adalah kelas VA yang merupakan kelas eksperimen yang terdiri
dari 23 siswa dan kelas VB yang merupakan kelas kontrol yang terdiri dari
23 siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi
dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji
validitas, uji prasyarat dan uji hipotesis.
Berdasarkan perhitungan data penelitian diperoleh: (1) Hasil belajar
peserta didik pada materi ekosistem di kelas kontrol yang tidak menggunakan
model Problem Based Learning berbantuan media Pop Up Book kelas V MIS
Al – Mustaqim Sungai Raya Tahun Ajaran 2022/2023 diketahui nilai rata –
rata pre-test kelas kontrol = 63,6 dan nilai rata – rata post-test kelas kontrol =
76,6 (2) Hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem di kelas eksperimen
yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Pop
Up Book kelas V MIS Al – Mustaqim Sungai Raya Tahun Ajaran 2022/2023
diketahui nilai rata – rata pre-test kelas eksperimen = 65,4 dan nilai rata – rata
post-test kelas eskperimen = 90,4 (3) Terdapat pengaruh penggunaan model
Problem Based Learning berbantuan media Pop Up Book terhadap hasil
belajar peserta didik pada materi ekosistem kelas V MIS Al – Mustaqim
Sungai Raya Tahun Ajaran 2022/2023. Hal ini ditunjukkan oleh data Effect
Size = 2,6 yang berkriteria sangat besar. Artinya penggunaan model Problem
Based Learning berbantuan media Pop Up Book berpengaruh tinggi terhadap
hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem.