Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning dibantu dengan Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem Kelas V MIS Al – Mustaqim Sungai Raya Kubu Raya Tahun Ajaran 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.advisor Erwin, Erwin
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author Sabila, Sarah Nur
dc.date.accessioned 2025-06-11T02:36:20Z
dc.date.available 2025-06-11T02:36:20Z
dc.date.issued 2022-06-23
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6520
dc.description.abstract SARAH NUR SABILA, Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning dibantu dengan Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem Kelas V MIS Al – Mustaqim Sungai Raya Kubu Raya Tahun Ajaran 2022/2023, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan model dan media pembelajaran dalam proses pembelajarannya sehingga hasil belajar peserta didik tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini antara lain: (1) untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem di kelas kontrol yang tidak menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Pop Up Book kelas V MIS Al – Mustaqim Sungai Raya tahun ajaran 2022/2023 (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem di kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Pop Up Book kelas V MIS Al – Mustaqim Sungai Raya Tahun Ajaran 2022/2023 (3) untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media Pop Up Book terhadap hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem kelas V MIS Al – Mustaqim Sungai Raya Tahun 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode Quasi Eksperimen dengan bentuk non-equivalen control gruop design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VA yang merupakan kelas eksperimen yang terdiri dari 23 siswa dan kelas VB yang merupakan kelas kontrol yang terdiri dari 23 siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji prasyarat dan uji hipotesis. Berdasarkan perhitungan data penelitian diperoleh: (1) Hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem di kelas kontrol yang tidak menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Pop Up Book kelas V MIS Al – Mustaqim Sungai Raya Tahun Ajaran 2022/2023 diketahui nilai rata – rata pre-test kelas kontrol = 63,6 dan nilai rata – rata post-test kelas kontrol = 76,6 (2) Hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem di kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Pop Up Book kelas V MIS Al – Mustaqim Sungai Raya Tahun Ajaran 2022/2023 diketahui nilai rata – rata pre-test kelas eksperimen = 65,4 dan nilai rata – rata post-test kelas eskperimen = 90,4 (3) Terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media Pop Up Book terhadap hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem kelas V MIS Al – Mustaqim Sungai Raya Tahun Ajaran 2022/2023. Hal ini ditunjukkan oleh data Effect Size = 2,6 yang berkriteria sangat besar. Artinya penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media Pop Up Book berpengaruh tinggi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Pop Up Book en_US
dc.subject Problem Based Learning en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning dibantu dengan Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem Kelas V MIS Al – Mustaqim Sungai Raya Kubu Raya Tahun Ajaran 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account