Abstract:
NURUL FADIAH, Pengaruh Penerapan Model Koopeartif Tipe
Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis
Matematis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV MI Al
Ihsan Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir
kritis matematis peserta didik pada mata pelajaran matematika, rendahnya
kemampuan berpikir kritis peserta didik di karenakan cara berpikir peserta
didik yang berbeda-beda dan pembelajaran yang diterapkan guru cenderung
monoton sehingga kurang melatih kemampuan berpikir kritis matematis
peserta didik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) Perbedaan rata
rata kemampuan berpikir kritis matematis (pre-test), 2) Perbedaan rata-rata
kemampuan berpikir kritis matematis (post test), 3) Penerapan model
kooperatif tipe TGT terhadap kemampuan berpikir kritis matematis, 4)
Pengaruh yang signifikan penerapan model TGT terhadap kemampuan
berpikir kritis matematis peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas
IV di MI Al-Ihsan Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan
kuantitatif yang menggunakan Quasi Eksperimen Design. Penelitian ini
dilaksanakan di MI Al-Ihsan Pontianak. Alat pengumpulan data yang
digunakan lembar observasi, butir soal, dan kamera digital. Teknik analisis
data yang dilakukan mencakup analisis instrumen dan analisis pengaruh.
Hasil penelitian berkesimpulan bahwa: 1) Kemampuan berpikir kritis
matematis peserta didik sebelum menggunakan model kooperatif tipe TGT
ditunjukkan dengan hasil analisis Sig. (2-tailed) 0.603 > 0,05. Kesimpulannya
tidak ada perbedaan rata rata antara hasil pre-test eksperimen dan hasil pre
test kontrol. 2) Kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik setelah
menggunakan model kooperatif tipe TGT ditunjukkan dengan hasil analisis
Sig. (2-tailed) 0.000 < 0,05. Diperoleh ada perbedaan rata-rata antara post test
eksperimen dan post test kontrol. 3) Pelaksanaan penerapan model kooperatif
tipe TGT dapat berjalan secara efektif sesuai harapan, memperoleh hasil
100%. 4) Diperoleh hasil analisis uji regresi linear sederhana F hitung
103.213 dengan tingkat signifikansi 0,000>0,05 artinya H0 ditolak dan Ha
diterima. Sehingga kesimpulannya terdapat pengaruh yang signifikan
variable (x) terhadap variable (y). Hal ini berarti terdapat pengaruh yang
signifikan penggunaan model kooperatif tipe TGT terhadap kemampuan
berpikir kritis matematis peserta didik.