Pengaruh Penerapan Model Koopeartif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV MI Al Ihsan Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.advisor Rahmap, Rahmap
dc.contributor.advisor Resvan, Resvan
dc.contributor.author Fadiah, Nurul
dc.date.accessioned 2025-06-11T01:54:37Z
dc.date.available 2025-06-11T01:54:37Z
dc.date.issued 2023-06-13
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6518
dc.description.abstract NURUL FADIAH, Pengaruh Penerapan Model Koopeartif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV MI Al Ihsan Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik pada mata pelajaran matematika, rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik di karenakan cara berpikir peserta didik yang berbeda-beda dan pembelajaran yang diterapkan guru cenderung monoton sehingga kurang melatih kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) Perbedaan rata rata kemampuan berpikir kritis matematis (pre-test), 2) Perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis (post test), 3) Penerapan model kooperatif tipe TGT terhadap kemampuan berpikir kritis matematis, 4) Pengaruh yang signifikan penerapan model TGT terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas IV di MI Al-Ihsan Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan Quasi Eksperimen Design. Penelitian ini dilaksanakan di MI Al-Ihsan Pontianak. Alat pengumpulan data yang digunakan lembar observasi, butir soal, dan kamera digital. Teknik analisis data yang dilakukan mencakup analisis instrumen dan analisis pengaruh. Hasil penelitian berkesimpulan bahwa: 1) Kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik sebelum menggunakan model kooperatif tipe TGT ditunjukkan dengan hasil analisis Sig. (2-tailed) 0.603 > 0,05. Kesimpulannya tidak ada perbedaan rata rata antara hasil pre-test eksperimen dan hasil pre test kontrol. 2) Kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik setelah menggunakan model kooperatif tipe TGT ditunjukkan dengan hasil analisis Sig. (2-tailed) 0.000 < 0,05. Diperoleh ada perbedaan rata-rata antara post test eksperimen dan post test kontrol. 3) Pelaksanaan penerapan model kooperatif tipe TGT dapat berjalan secara efektif sesuai harapan, memperoleh hasil 100%. 4) Diperoleh hasil analisis uji regresi linear sederhana F hitung 103.213 dengan tingkat signifikansi 0,000>0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga kesimpulannya terdapat pengaruh yang signifikan variable (x) terhadap variable (y). Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model kooperatif tipe TGT terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Teams Games Tournament en_US
dc.subject Berpikir Kritis Matematis en_US
dc.subject Matematika en_US
dc.title Pengaruh Penerapan Model Koopeartif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV MI Al Ihsan Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account