Abstract:
RICHA ANJANI. 2023. Pengaruh Model Cooperative Learning Berbantuan
Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Peserta Didik Kelas III
MIS Al-Mustaqim Sungai Raya Tahun Pelajaran 2022/2023. Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.
Penelitian ini dilantarbelakangi oleh rendahnya kemampuan
membaca nyaring peserta didik kelas III MIS Al-Mustaqim Sungai Raya.
Maka dengan diterapkannya model cooperative learning berbantua media
big book terhadap keterampilan membaca nyaring peserta didik. Tujuan
penelitian iniadalah untuk memaparkan : 1) kemampuan membaca nyaring
peserta didik sebelum digunakan model cooperative learning berbantuan
media Big Book. 2) kemampuan membaca nyaring peserta didik sesudah
digunakan model cooperative learning berbantuan media big book. 3)
Apakah terdapat pengaruh model cooperative learning berbantuan media
Big Book terhadap kemampuan membaca nyaring.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan
metode eksperimen one group pre-post test design. Teknik dan alat yang
digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi, teknik tes,
teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar
tes (performance assessment), dan kamera
Hasil penelitian yaitu : 1) kemampuan membaca nyaring peserta
didik sebelum digunakan model cooperative learning berbantuan media Big
Book. diperoleh nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 40,07
dinyatakan tidak terampil. Pada nilai minimum 32,50 dan skor maxsimum
81,25. Dengan demikian maka rentang (range) = 81,25 – 32,50 = 48,75. 2)
kemampuan membaca nyaring peserta didik sesudah digunakan model
cooperative learning berbantuan media big book. Nilai rata-rata pre-test di
kelas eksperimen adalah 76,75 dinyatakan terampil. Pada nilai minimum
60,25 dan skor maxsimum 92,25. Dengan demikian maka rentang (range) =
60,25 - 92,25 = 32,00. 3) Apakah terdapat pengaruh model cooperative
learning berbantuan media Big Book terhadap kemampuan membaca
nyaring. Pada uji paired sampel statistic nilai rata-rata pre-test 40,07
sedangkan post-test 76,75. Kesimpulan penelitian nilai (Sig) sebesar 0,000
yang berati nilai (Sig) < 0,05 dan menunjukan bahwa perbedaan rata-rata
antara sampel penelitian, hal ini menunjukan perbedaan antara hasil pre-test
dan post-test yang artinya bahwa terdapat pengaruh dari variabel bebas
terdapat variabel terikat atau Hₐ diterima.