Pengaruh Model Cooperative Learning Berbantuan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Peserta Didik Kelas III MIS Al-Mustaqim Sungai Raya Tahun Pelajaran 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sahrani, Sahrani
dc.contributor.advisor Prakoso, Imam Agung
dc.contributor.advisor Mujahidah, Nelly
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.author Anjani, Richa
dc.date.accessioned 2025-06-11T01:39:09Z
dc.date.available 2025-06-11T01:39:09Z
dc.date.issued 2023-06-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6515
dc.description.abstract RICHA ANJANI. 2023. Pengaruh Model Cooperative Learning Berbantuan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Peserta Didik Kelas III MIS Al-Mustaqim Sungai Raya Tahun Pelajaran 2022/2023. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Penelitian ini dilantarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca nyaring peserta didik kelas III MIS Al-Mustaqim Sungai Raya. Maka dengan diterapkannya model cooperative learning berbantua media big book terhadap keterampilan membaca nyaring peserta didik. Tujuan penelitian iniadalah untuk memaparkan : 1) kemampuan membaca nyaring peserta didik sebelum digunakan model cooperative learning berbantuan media Big Book. 2) kemampuan membaca nyaring peserta didik sesudah digunakan model cooperative learning berbantuan media big book. 3) Apakah terdapat pengaruh model cooperative learning berbantuan media Big Book terhadap kemampuan membaca nyaring. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen one group pre-post test design. Teknik dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi, teknik tes, teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes (performance assessment), dan kamera Hasil penelitian yaitu : 1) kemampuan membaca nyaring peserta didik sebelum digunakan model cooperative learning berbantuan media Big Book. diperoleh nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 40,07 dinyatakan tidak terampil. Pada nilai minimum 32,50 dan skor maxsimum 81,25. Dengan demikian maka rentang (range) = 81,25 – 32,50 = 48,75. 2) kemampuan membaca nyaring peserta didik sesudah digunakan model cooperative learning berbantuan media big book. Nilai rata-rata pre-test di kelas eksperimen adalah 76,75 dinyatakan terampil. Pada nilai minimum 60,25 dan skor maxsimum 92,25. Dengan demikian maka rentang (range) = 60,25 - 92,25 = 32,00. 3) Apakah terdapat pengaruh model cooperative learning berbantuan media Big Book terhadap kemampuan membaca nyaring. Pada uji paired sampel statistic nilai rata-rata pre-test 40,07 sedangkan post-test 76,75. Kesimpulan penelitian nilai (Sig) sebesar 0,000 yang berati nilai (Sig) < 0,05 dan menunjukan bahwa perbedaan rata-rata antara sampel penelitian, hal ini menunjukan perbedaan antara hasil pre-test dan post-test yang artinya bahwa terdapat pengaruh dari variabel bebas terdapat variabel terikat atau Hₐ diterima. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Cooperative Learning en_US
dc.subject Big Book en_US
dc.subject Keterampilan Membaca Nyaring en_US
dc.title Pengaruh Model Cooperative Learning Berbantuan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Peserta Didik Kelas III MIS Al-Mustaqim Sungai Raya Tahun Pelajaran 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account