Abstract:
Bintang Aulia Safitri. Pengembangan Modul pembelajaran IPAS Berbasis
Project Based Learning (PjBL) pada materi ekosistem untuk di kelas V SD Kartika
XVII-1 Pontianak Kota, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri
Pontianak,2025.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Mengetahui kevalidan modul
pembelajaran IPAS Berbasis Project Based Learning pada materi Ekosistem di
kelas V SD Kartika XVII-1 Pontianak Kota. 2) Mengetahui kepraktisan modul
pembelajaran IPAS Berbasis Project Based Learning pada materi Ekosistem di
kelas V SD Kartika XVII-1 Pontianak Kota.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan
model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahap : 1. Analisis : analisis
kebutuhan peserta didik, analisis materi dan kurikulum 2. Desain 3. Pengembangan
4. Implementasi 5. Evaluasi, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
dokumentasi dan wawancara. Adapun instrumen pengumpulan data yaitu instrumen
uji validasi ahli media, instrumen uji validasi materi dan instrumen angket respon
peserta didik, Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data
kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa modul tersebut memiliki
tingkat kevalidan sebesar 93,12%, yang tergolong “sangat valid”, dan tingkat
kepraktisan sebesar 84,13%, yang termasuk dalam kategori “sangat praktis”.
Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa Modul IPAS berbasis Project
Based Learning (PjBL) Pada Materi Ekosistem yaitu sudah tergolong valid dan
praktis.