PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI EKOSISTEMDI KELAS V SD KARTIKA PONTIANAK KOTA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Erwin, Erwin
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author Safitri, Bintang Aulia
dc.date.accessioned 2025-06-04T02:36:05Z
dc.date.available 2025-06-04T02:36:05Z
dc.date.issued 2025-05-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6499
dc.description.abstract Bintang Aulia Safitri. Pengembangan Modul pembelajaran IPAS Berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi ekosistem untuk di kelas V SD Kartika XVII-1 Pontianak Kota, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak,2025. Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Mengetahui kevalidan modul pembelajaran IPAS Berbasis Project Based Learning pada materi Ekosistem di kelas V SD Kartika XVII-1 Pontianak Kota. 2) Mengetahui kepraktisan modul pembelajaran IPAS Berbasis Project Based Learning pada materi Ekosistem di kelas V SD Kartika XVII-1 Pontianak Kota. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahap : 1. Analisis : analisis kebutuhan peserta didik, analisis materi dan kurikulum 2. Desain 3. Pengembangan 4. Implementasi 5. Evaluasi, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun instrumen pengumpulan data yaitu instrumen uji validasi ahli media, instrumen uji validasi materi dan instrumen angket respon peserta didik, Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa modul tersebut memiliki tingkat kevalidan sebesar 93,12%, yang tergolong “sangat valid”, dan tingkat kepraktisan sebesar 84,13%, yang termasuk dalam kategori “sangat praktis”. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa Modul IPAS berbasis Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Ekosistem yaitu sudah tergolong valid dan praktis. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Modul en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Project Based Learning en_US
dc.subject Ekosistem en_US
dc.title PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI EKOSISTEMDI KELAS V SD KARTIKA PONTIANAK KOTA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account