Abstract:
Oni Sarmidah Nim 12110017, Pengaruh Penerapan Model Quantum
Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Pada Materi
Pecahan Kelas III DI MIS Asy-Syamsiah Pontianak Timur. Program
Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN)
Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hasil belajar
peserta didik kelas kontrol tanpa menggunakan model Quantum Learning
pada materi pecahan kelas III di MIS Asy-Syamsiah Pontianak Timur. 2)
Hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan model Quantum
Learning pada materi pecahan kelas III di MIS Asy-Syamsiah Pontianak
Timur. 3) Pengaruh penerapan model Quantum Learning terhadap hasil
belajar matematika peserta didik pada materi pecahan kelas III di MIS Asy
Syamsiah Pontianak Timur.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian
Quasi Experimental Design desainnya Nonequivalent Control Group
Design . Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas III MIS Asy
Syamsiah Pontianak Timur. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah
soal tes esai, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis datanya berupa uji
validitas, uji realibiltas, uji kelayakkan intrumen, uji prasyarat , uji deskriptif
dan uji nonparametrik mann whitney
Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1) hasil belajar peserta didik
yang tidak menerapkan model Quantum Learning pada kelas kontrol nilai
rata-rata pretestnya sebesar 37,65 dan nilai rata-rata postestnya meningkat
sebesar 65,29. Berdasarkan interval nila rata-rata KKM nilai 65,29 masih
tergolong rendah karena masih dibawah KKM 75. 2) Hasil belajar peserta
didik yang menerapkan model Quantum Learning pada kelas eksperimen
nilai rata-rata pretestnya sebesar 48,24 dan nilai rata-rata postestnya
meningkat sebesar 75,29. Berdasarkan interval nilai rata-tara KKM nilai
75,29 tergolong cukup tinggi karena diatas KKM 75. 3) Berdasarkan hasil
uji nonparametrik mann whitney nilai sig (2-tailednya) adalah 0,03. 0,03
lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan perbedaan dari data dua
kelompok yang berbeda yaitu nilai rata-rata kelas eksperimen dengan nilai
rata-rata postest kelas eksperimen 75,29 dan kelas kontrol 65,29. Maka
diketahui bahwa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Sehingga
dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model Quantum Learning
terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi pecahan kelas
III di MIS Asy-Syamsiah Pontianak Timur.