PENGARUH PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI PECAHAN KELAS III DI MIS ASYSYAMSIAH PONTIANAK TIMUR

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.advisor Septiawati, Desty
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Sarassanti, Yummi
dc.contributor.author Sarmidah, Oni
dc.date.accessioned 2025-06-02T02:46:29Z
dc.date.available 2025-06-02T02:46:29Z
dc.date.issued 2025-04-29
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6474
dc.description.abstract Oni Sarmidah Nim 12110017, Pengaruh Penerapan Model Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Pada Materi Pecahan Kelas III DI MIS Asy-Syamsiah Pontianak Timur. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN) Pontianak, 2025. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol tanpa menggunakan model Quantum Learning pada materi pecahan kelas III di MIS Asy-Syamsiah Pontianak Timur. 2) Hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan model Quantum Learning pada materi pecahan kelas III di MIS Asy-Syamsiah Pontianak Timur. 3) Pengaruh penerapan model Quantum Learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi pecahan kelas III di MIS Asy Syamsiah Pontianak Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian Quasi Experimental Design desainnya Nonequivalent Control Group Design . Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas III MIS Asy Syamsiah Pontianak Timur. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes esai, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis datanya berupa uji validitas, uji realibiltas, uji kelayakkan intrumen, uji prasyarat , uji deskriptif dan uji nonparametrik mann whitney Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1) hasil belajar peserta didik yang tidak menerapkan model Quantum Learning pada kelas kontrol nilai rata-rata pretestnya sebesar 37,65 dan nilai rata-rata postestnya meningkat sebesar 65,29. Berdasarkan interval nila rata-rata KKM nilai 65,29 masih tergolong rendah karena masih dibawah KKM 75. 2) Hasil belajar peserta didik yang menerapkan model Quantum Learning pada kelas eksperimen nilai rata-rata pretestnya sebesar 48,24 dan nilai rata-rata postestnya meningkat sebesar 75,29. Berdasarkan interval nilai rata-tara KKM nilai 75,29 tergolong cukup tinggi karena diatas KKM 75. 3) Berdasarkan hasil uji nonparametrik mann whitney nilai sig (2-tailednya) adalah 0,03. 0,03 lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan perbedaan dari data dua kelompok yang berbeda yaitu nilai rata-rata kelas eksperimen dengan nilai rata-rata postest kelas eksperimen 75,29 dan kelas kontrol 65,29. Maka diketahui bahwa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model Quantum Learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi pecahan kelas III di MIS Asy-Syamsiah Pontianak Timur. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Quantum Learning en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI PECAHAN KELAS III DI MIS ASYSYAMSIAH PONTIANAK TIMUR en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account