Abstract:
SYAFA SAFIRA DWI FIRDAYANTI, Pengaruh Penggunaan
Media Interaktif Berbasis Canva Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik
Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 06 Pontianak
Timur: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak,
2025/1446 H.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: (1) Penggunaan
Media Interaktif Berbasis Canva pada mata Pelajaran IPAS kelas IV di SDN
06 Pontianak Timur. (2) Prestasi belajar peserta didik kelas IV A kelas kontrol
(sebelum perlakuan) dan IV B kelas eksperimen (setelah perrlakuan) dengan
menggunakan media Interaktif Berbasis Canva pada mata Pelajaran IPAS di
SDN 06 Pontianak Timur. (3) Pengaruh Media Interaktif Berbasis Canva
terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPAS peserta didik kelas IV di
SDN06 Pontianak Timur.
Penelitian ini termasuk penelitian Kuantitatif dengan jenis penelitian
quasi eskperimen. Sumber data penelitian ini adalah populasi dan sampel.
Adapun populasi dalam penelitian ini seluruh kelas IV A dan IV B SDN 06
Pontianak Timur yang berjumlah 60 peserta didik. Sampel dalam penelitian
ini adalah peserta didik kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B
sebagai kelas kontrol, yang mana setiap kelas berjumlah 30 peserta didik.
Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi,
teknik pengukuran dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya
peneliti menggunakan teknik analisis instrumen, analisis deskriptif, dan
analisis inferensia.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti
menyimpulkan bahwa: (1) Penggunaan media interaktif berbasis canva pada
pembelajaran IPAS materi keunikan dan kebiasaan masyarakat disekitarku
telah dilaksanakan seperti langkah-langkah yang ditetapkan dalam modul ajar
dengan terlaksana 100%. (2) Pada kelas kontrol terdapat 19 peserta didik
yang belum mencapai KKM dan dikelas eksperimen terdapat 5 peserta didik
yang belum mencapai KKM setelah dilakukan perlakuan. (3) Uji Hipotesis
(Independent Sample t-test) bisa dilihat pada nilai (Sig) sebesar 0,000 < 0,05
hal tersebut menunjukan bahwa penelitian ini terdapat pengaruh antara
variabel X dan Y.