PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 06 PONTIANAK TIMUR

Show simple item record

dc.contributor.advisor Asmiati, Syarifah
dc.contributor.advisor Surianto, Surianto
dc.contributor.advisor Mujahidah, Nelly
dc.contributor.author FIRDAYANTI, SYAFA SAFIRA DWI
dc.date.accessioned 2025-05-28T02:02:37Z
dc.date.available 2025-05-28T02:02:37Z
dc.date.issued 2025-05-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6463
dc.description.abstract SYAFA SAFIRA DWI FIRDAYANTI, Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Canva Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 06 Pontianak Timur: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025/1446 H. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: (1) Penggunaan Media Interaktif Berbasis Canva pada mata Pelajaran IPAS kelas IV di SDN 06 Pontianak Timur. (2) Prestasi belajar peserta didik kelas IV A kelas kontrol (sebelum perlakuan) dan IV B kelas eksperimen (setelah perrlakuan) dengan menggunakan media Interaktif Berbasis Canva pada mata Pelajaran IPAS di SDN 06 Pontianak Timur. (3) Pengaruh Media Interaktif Berbasis Canva terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPAS peserta didik kelas IV di SDN06 Pontianak Timur. Penelitian ini termasuk penelitian Kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eskperimen. Sumber data penelitian ini adalah populasi dan sampel. Adapun populasi dalam penelitian ini seluruh kelas IV A dan IV B SDN 06 Pontianak Timur yang berjumlah 60 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol, yang mana setiap kelas berjumlah 30 peserta didik. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi, teknik pengukuran dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan teknik analisis instrumen, analisis deskriptif, dan analisis inferensia. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Penggunaan media interaktif berbasis canva pada pembelajaran IPAS materi keunikan dan kebiasaan masyarakat disekitarku telah dilaksanakan seperti langkah-langkah yang ditetapkan dalam modul ajar dengan terlaksana 100%. (2) Pada kelas kontrol terdapat 19 peserta didik yang belum mencapai KKM dan dikelas eksperimen terdapat 5 peserta didik yang belum mencapai KKM setelah dilakukan perlakuan. (3) Uji Hipotesis (Independent Sample t-test) bisa dilihat pada nilai (Sig) sebesar 0,000 < 0,05 hal tersebut menunjukan bahwa penelitian ini terdapat pengaruh antara variabel X dan Y. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Media Interaktif Berbasis Canva en_US
dc.subject Mata Pelajaran IPAS en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 06 PONTIANAK TIMUR en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account