Abstract:
SOMA TRIHARYOSO, Penguatan Profil Pancasila Menggunakan Model
Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Tipe Percontohan Pada
Pembelajaran Pendidikan Pancasila Materi Menaati Aturan Di sekitarku Di SD
Negeri 03 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2024/2025. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama
Islam Negeri Pontianak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: Penguatan profil
pelajar pancasila menggunakan model Value Clarification Technique (VCT) tipe
percontohan pada pendidikan pancasila materi menaati aturan di sekitarku di kelas
II A SD Negeri 03 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2024/2025.Penelitian ini
mengunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, penelitian ini
dilakukan di SD Negeri 03 Pontianak Timur. Sumber data penelitian ini
menggunakan subjek dan objek, subjek pada penelitian ini adalah Wali Kelas dan
peserta didik. Objek dalam penelitian ini yaitu Penguatan profil pelajar pancasila
menggunakan Model Value Clarification Technique (VCT) tipe percontohan pada
pendidikan pancasila Materi materi menaati aturan di sekitarku di Kelas II SD
Negeri 03 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi,. analisis data
terdiri dari reduksi data, display/penyajian data, penarikkan kesimpulan dan
verifikasi.
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran mengenai "Menaati Aturan di sekitarku,"
guru membuat modul ajar yang menekankan pentingnya menaati aturan dan nilainilai yang terkandung di dalamnya; 2) Pelaksanaan pembelajaran guru melakukan
penguatan profil pelajar pancasila melalui model Value Clarification Technique
(VCT) untuk membantu peserta didik mengenali nilai-nilai pancasila melalui profil
pelajar pancasila dan model Value Clarificaton Technique (VCT); 3) Evaluasi
dilakukan dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang memungkinkan
peserta didik merefleksikan pembelajaran dan menilai kemampuan mereka dalam
mengidentifikasi nilai-nilai perilaku sesuai dengan model pembelajaran Value
Clarification Technique (VCT). Berdasarkan kesimpulan di atas peserta didik
memahami pengetahuan melalui teori, contoh, dan pengalaman, yang
meningkatkan relevansi, serta semangat belajar, dan menumbuhkan kemampuan
bernalar kritis.