PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MENGGUNAKAN MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TIPE PERCONTOHAN PADA PENDIDIKAN PANCASILA SEKOLAH DASAR

Show simple item record

dc.contributor.advisor Asmiati, Syarifah
dc.contributor.advisor Habaridota, Maha lastasa Buju Basafpipana
dc.contributor.advisor Patmawati, Patmawati
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.author Triharyoso, Soma
dc.date.accessioned 2025-05-27T03:36:07Z
dc.date.available 2025-05-27T03:36:07Z
dc.date.issued 2025-04-23
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6455
dc.description.abstract SOMA TRIHARYOSO, Penguatan Profil Pancasila Menggunakan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Tipe Percontohan Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Materi Menaati Aturan Di sekitarku Di SD Negeri 03 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2024/2025. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: Penguatan profil pelajar pancasila menggunakan model Value Clarification Technique (VCT) tipe percontohan pada pendidikan pancasila materi menaati aturan di sekitarku di kelas II A SD Negeri 03 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2024/2025.Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, penelitian ini dilakukan di SD Negeri 03 Pontianak Timur. Sumber data penelitian ini menggunakan subjek dan objek, subjek pada penelitian ini adalah Wali Kelas dan peserta didik. Objek dalam penelitian ini yaitu Penguatan profil pelajar pancasila menggunakan Model Value Clarification Technique (VCT) tipe percontohan pada pendidikan pancasila Materi materi menaati aturan di sekitarku di Kelas II SD Negeri 03 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi,. analisis data terdiri dari reduksi data, display/penyajian data, penarikkan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran mengenai "Menaati Aturan di sekitarku," guru membuat modul ajar yang menekankan pentingnya menaati aturan dan nilainilai yang terkandung di dalamnya; 2) Pelaksanaan pembelajaran guru melakukan penguatan profil pelajar pancasila melalui model Value Clarification Technique (VCT) untuk membantu peserta didik mengenali nilai-nilai pancasila melalui profil pelajar pancasila dan model Value Clarificaton Technique (VCT); 3) Evaluasi dilakukan dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang memungkinkan peserta didik merefleksikan pembelajaran dan menilai kemampuan mereka dalam mengidentifikasi nilai-nilai perilaku sesuai dengan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT). Berdasarkan kesimpulan di atas peserta didik memahami pengetahuan melalui teori, contoh, dan pengalaman, yang meningkatkan relevansi, serta semangat belajar, dan menumbuhkan kemampuan bernalar kritis. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Profil Pelajar Pancasila en_US
dc.subject Value Clarification Technique (VCT) en_US
dc.subject Tipe Percontohan en_US
dc.title PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MENGGUNAKAN MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TIPE PERCONTOHAN PADA PENDIDIKAN PANCASILA SEKOLAH DASAR en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account