Abstract:
MAULIQA SYAHIRAH, Kesalahan pada Modul Ajar PKn Kelas 5: Studi Kasus di
Kelas yang Berbeda. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Untuk memberitahui kesalahan
yang dilakukan mahasiswa dalam mendesain informasi umum pada modul ajar PKn Kelas 5.
2) Untuk memberitahui kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam mendesain kompentensi
inti pada modul ajar PKn Kelas 5. 3) Untuk memberitahui kesalahan yang dilakukan
mahasiswa dalam mendesain lampiran pada modul ajar Ppkn Kelas 5.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan case study
atau studi kasus menggunakan desain Multiple-case (holistic). Penelitian ini mengunakan
sumber data primer dan sekunder yang dimana sumber data primer adalah hasil wawancara
kepada dosen Program Studi Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) terkait dengan instrumen penilaian,
sumber data sekunder adalah dokumen modul ajar mahasiswa PGMI Angkatan 2021 dengan
menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan juga dokumen. Penelitian ini
menggunakan teknik analisis data robert k.yin yang meliputi: deskripsi kasus, pattern
matching, dan analisis banding kasus.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Hasil analisis menunjukkan bahwa masih
terdapat kekurangan dalam kelengkapan informasi, perancangan tujuan, asesmen, serta
lampiran seperti LKPD, bahan bacaan, glosarium, dan daftar pustaka. Beberapa komponen
penting, seperti kompetensi awal, target peserta didik, pemahaman bermakna, dan pertanyaan
pemantik, sering kali terabaikan, sementara strategi pengayaan dan remedial belum selalu
disertakan. Meskipun ditemukan pola kesamaan dalam penyusunan komponen utama,
ketidakkonsistenan dalam penyajian modul dapat memengaruhi efektivitas pembelajaran.
Oleh karena itu, diperlukan pemahaman lebih mendalam agar modul yang disusun lebih
sistematis dan sesuai dengan standar yang ditetapkan.