KESALAHAN PADA MODUL AJAR PKn Kelas 5 (STUDI KASUS DI KELAS YANG BERBEDA)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hariasyah, Hariansyah
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Habaridota, Maha Latasa Buju Basafpipana
dc.contributor.author Syahirah, Mauliqa
dc.date.accessioned 2025-05-26T07:09:40Z
dc.date.available 2025-05-26T07:09:40Z
dc.date.issued 2025-04-24
dc.identifier.citation APA(American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6437
dc.description.abstract MAULIQA SYAHIRAH, Kesalahan pada Modul Ajar PKn Kelas 5: Studi Kasus di Kelas yang Berbeda. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Untuk memberitahui kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam mendesain informasi umum pada modul ajar PKn Kelas 5. 2) Untuk memberitahui kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam mendesain kompentensi inti pada modul ajar PKn Kelas 5. 3) Untuk memberitahui kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam mendesain lampiran pada modul ajar Ppkn Kelas 5. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan case study atau studi kasus menggunakan desain Multiple-case (holistic). Penelitian ini mengunakan sumber data primer dan sekunder yang dimana sumber data primer adalah hasil wawancara kepada dosen Program Studi Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) terkait dengan instrumen penilaian, sumber data sekunder adalah dokumen modul ajar mahasiswa PGMI Angkatan 2021 dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan juga dokumen. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data robert k.yin yang meliputi: deskripsi kasus, pattern matching, dan analisis banding kasus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Hasil analisis menunjukkan bahwa masih terdapat kekurangan dalam kelengkapan informasi, perancangan tujuan, asesmen, serta lampiran seperti LKPD, bahan bacaan, glosarium, dan daftar pustaka. Beberapa komponen penting, seperti kompetensi awal, target peserta didik, pemahaman bermakna, dan pertanyaan pemantik, sering kali terabaikan, sementara strategi pengayaan dan remedial belum selalu disertakan. Meskipun ditemukan pola kesamaan dalam penyusunan komponen utama, ketidakkonsistenan dalam penyajian modul dapat memengaruhi efektivitas pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman lebih mendalam agar modul yang disusun lebih sistematis dan sesuai dengan standar yang ditetapkan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Studi Kasus en_US
dc.subject Modul Ajar en_US
dc.subject kesalahan-kesalahan en_US
dc.subject PKn en_US
dc.subject Mahasiswa en_US
dc.title KESALAHAN PADA MODUL AJAR PKn Kelas 5 (STUDI KASUS DI KELAS YANG BERBEDA) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account