Abstract:
Fenny cahyani , NIM 11910045, Penggunaan Metode Inquiry Berbantuan
Media Kantong Pengetahuan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Peserta
Didik Pada Pembelajaran Tematik Tema 2 Kelas 2 Di SDN 09 Kelampai
Kabupaten Kapuas Hulu Tahun Ajaran 2023/2024.
latar belakang dilaksanakan penelitian ini ialah dikarenakan
pengetahuan peserta didik khususnya pada pembelajaran tematik yang
membahas tentang nilai moral dan juga nasionalisme masih kurang yang
mana hal ini diperoleh dari hasil wawancara dengan guru wali kelas yang
mengajari pembelajaran tersebut dan juga peserta didik yang ada didalam
kelas serta nilai dari peserta didik kelas 2 yang belum memperoleh
ketuntasan khususnya pada pembelajaran Pkn.
Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu meningkatkan pengetahuan
peserta didik pada pembelajaran tematik tema 2 kelas 2 di SD Negeri 09
Kelampai Kabupaten Kapuas Hulu dan supaya bisa berguna bagi peserta
didik dalam kehidupannya sehari – hari, mengenai bagaimana sikap nilai
moral yang baik dan juga sikap nasionalisme.
metode yang digunakan ialah metode inquiry dengan pendekatan
Penelitian Tindakan Kelas. Jumlah peserta didik kelas 2 dalam penelitian ini
ialah sebanyak 8 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini ialah lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Kesimpulan dari penelitian ini ialah, Adanya peningkatan pada
pengetahuan peserta didik pada pembelajaran tematik tema 2 kelas 2
khususnya pada pembelajaran PKn di SD Negeri 09 Kelampai Kabupaten
Kapuas Hulu. Pada siklus 1 meningkat sebanyak dengan persentase 37%
serta memperoleh nilai rata – rata 77,5 atau baru 3 dari 8 peserta didik yang
berhasil memperoleh ketuntasan. Sedangkan siklus 2 meningkat dengan
persentase sebanyak 100% serta memperoleh nilai rata – rata 97,5 atau
sebanyak 8 peserta didik yang berhasil memperoleh ketuntasan. Jika
dibandingkan sebelum menggunakan metode inquiry berbantuan media
kantong pengetahuan peserta didik hanya memperoleh persentase 25%
dengan nilai rata – rata 72,1 atau hanya 2 dari 8 peserta didik saja yang
memperoleh ketuntasan. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan
pengetahuan peserta didik sesudah digunakan metode inquiry berbantuan
media kantong pengetahuan.