Penggunaan Metode Inquiry Berbantuan Media Kantong Pengetahuan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Tema 2 Kelas 2 Di SDN 09 Kelampai Kabupaten Kapuas Hulu Tahun Ajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor AR, Eka Hendry
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Mutmainnah, Fitri
dc.contributor.author Cahyani, Fenny
dc.date.accessioned 2025-05-26T06:48:54Z
dc.date.available 2025-05-26T06:48:54Z
dc.date.issued 2024-05-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6433
dc.description.abstract Fenny cahyani , NIM 11910045, Penggunaan Metode Inquiry Berbantuan Media Kantong Pengetahuan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Tema 2 Kelas 2 Di SDN 09 Kelampai Kabupaten Kapuas Hulu Tahun Ajaran 2023/2024. latar belakang dilaksanakan penelitian ini ialah dikarenakan pengetahuan peserta didik khususnya pada pembelajaran tematik yang membahas tentang nilai moral dan juga nasionalisme masih kurang yang mana hal ini diperoleh dari hasil wawancara dengan guru wali kelas yang mengajari pembelajaran tersebut dan juga peserta didik yang ada didalam kelas serta nilai dari peserta didik kelas 2 yang belum memperoleh ketuntasan khususnya pada pembelajaran Pkn. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu meningkatkan pengetahuan peserta didik pada pembelajaran tematik tema 2 kelas 2 di SD Negeri 09 Kelampai Kabupaten Kapuas Hulu dan supaya bisa berguna bagi peserta didik dalam kehidupannya sehari – hari, mengenai bagaimana sikap nilai moral yang baik dan juga sikap nasionalisme. metode yang digunakan ialah metode inquiry dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Jumlah peserta didik kelas 2 dalam penelitian ini ialah sebanyak 8 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini ialah, Adanya peningkatan pada pengetahuan peserta didik pada pembelajaran tematik tema 2 kelas 2 khususnya pada pembelajaran PKn di SD Negeri 09 Kelampai Kabupaten Kapuas Hulu. Pada siklus 1 meningkat sebanyak dengan persentase 37% serta memperoleh nilai rata – rata 77,5 atau baru 3 dari 8 peserta didik yang berhasil memperoleh ketuntasan. Sedangkan siklus 2 meningkat dengan persentase sebanyak 100% serta memperoleh nilai rata – rata 97,5 atau sebanyak 8 peserta didik yang berhasil memperoleh ketuntasan. Jika dibandingkan sebelum menggunakan metode inquiry berbantuan media kantong pengetahuan peserta didik hanya memperoleh persentase 25% dengan nilai rata – rata 72,1 atau hanya 2 dari 8 peserta didik saja yang memperoleh ketuntasan. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan peserta didik sesudah digunakan metode inquiry berbantuan media kantong pengetahuan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Penggunaan en_US
dc.subject Metode Inquiry en_US
dc.subject Berbantuan en_US
dc.subject Media Kantong Pengetahuan en_US
dc.subject Meningkatkan en_US
dc.subject Pengetahuan en_US
dc.subject Peserta Didik en_US
dc.subject Tematik en_US
dc.title Penggunaan Metode Inquiry Berbantuan Media Kantong Pengetahuan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Tema 2 Kelas 2 Di SDN 09 Kelampai Kabupaten Kapuas Hulu Tahun Ajaran 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account