Abstract:
IRMA KHAIRUNNISA Penerapan Model Pembelajaran
Kontekstual Dengan Media Powerpoint Interaktif pada Mata Pelajaran IPA
untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas V MIN 3
Pontianak: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak,
2023.
Tujuan penelitian adalah untuk memaparkan: pertama, hasil belajar
IPA prasiklus. Kedua, langkah-langkah penerapan model pembelajaran
kontekstual dengan media powerpoint interaktif. ketiga hasil belajar IPA
setelah diterapkannya model kontekstual dengan media powerpoint
interaktif.
Metode penelitian adalah (PTK) atau action research. Pengumpulan
data dengan metode observasi dan soal tes hasil belajar. Penelitian
dilakukan dua siklus yang dilaksanakan di MIN 3 Pontianak pada kelas VA
berjumlah 43 orang semester genap tahun ajaran 2022/2023. Alat
pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes. Analisis data yang
digunakan mean atau rata-rata menggunakan Microsoft excel 2010.
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat
disimpulkan: pertama, rata-rata hasil belajar IPA sebesar 69,53. Kedua,
penerapan model pembelajaran kontekstual dengan media powerpoint
interaktif dapat terlaksana dengan baik. Ketiga, peningkatan hasil belajar
IPA pada Siklus I (37%) dan Siklus II (100%) dengan nilai rata-rata pada
Siklus I 73,2 dan Siklus II 91. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa
penggunaan model kontekstual dengan media powerpoint interaktif dapat
meningkatkan hasil belajar IPA.